Kota Batu Akan Gratiskan Ongkos Transpor Turis [diaharum]

Kota Batu Akan Gratiskan Ongkos Transpor Turis

PinkKorset.com – Untuk menarik wisatawan sekaligus menata kepadatan lalu lintas, langkah yang diambil Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur ini patut ditiru.

Betapa tidak?

Pemerintah setempat pada 2015 berencana menggratiskan biaya transportasi bagi pengunjung yang berwisata ke sejumlah objek wisata di kota itu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka akan bekerja sama dengan pengusaha angkutan umum kota (angkot). ”Harapannya tahun depan sudah terealisasi,” kata Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di Batu, Rabu (22/10/2014).

Langkah ini diterapkan untuk memberi pelayanan maksimal terhadap turis, agar nyaman menikmati obyek wisata yang ada, terutama potensi di desa wisata.

Selain untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi dan mengurangi kepadatan lalu lintas, terutama masa liburan.

Tidak hanya itu. Kebijakan ini juga diberlakukan untuk memberdayakan angkot yang akhir-akhir ini jumlah penumpangnya terus menurun.

Demi terlaksananya hal ini, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan para pengusaha dan paguyuban sopir angkot, terutama guna membahas kesepakatan anggaran.

Setelah rencana dimatangkan, nominal anggaran itu akan diajukan ke DPRD. Hanya saja, anggaran tersebut disesuaikan dengan kemampuan APBD Kota Batu.

Adapun lokasi wisata di Kota Batu cukup banyak. Sebut saja wisata alam di Selecta, Songgoriti, rafting di sejumlah lokasi serta wisata buatan, seperti di Jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut, BNS dan beberapa lokasi wisata petik buah di desa wisata.

Hmm.. Kota Batu tampaknya bisa dimasukkan dalam jadwal liburan mendatang, bukan?