Kurang Tidur Pengaruhi Hubungan dengan Pasangan Foto: laptopmag

Kurang Tidur Pengaruhi Hubungan dengan Pasangan

PinkKorset.com, Jakarta – Kurang tidur ternyata tak hanya berdampak pada fisik namun juga psikis. Gawatnya lagi, bisa mengancam hubungan Anda dengan pasangan!

Penelitian yang dilakukan 2013 lalu oleh University of California Barkeley menemukan bahwa kurang tidur tak hanya membuat seseorang sakit kepala, mudah lelah dan lemas. Namun juga gampang marah, bertemperamen tinggi, dan cenderung makan berlebih.

Kondisi tersebut akhirnya memicu seseorang kurang menghargai atau berterima kasih pada pasangannya.

“Kurang tidur membuat kita lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan memenuhi kepentingan pasangan,” ujar Amie Gordon, pemimpin riset dan psikolog UC Berkeley.

Dalam penelitian yang melibatkan lebih dari 60 pasangan dalam rentang usia 18 hingga 56 tahun, diteliti bagaimana pola tidur mempengaruhi cara mereka menghargai pasangan.

Partisipan juga ditantang untuk memecahkan masalah diantara mereka. Hasilnya, responden yang kurang tidur tidak terlalu menghargai pasangan mereka.

Lalu bagaimana caranya agar Anda dan pasangan sama-sama memiliki waktu tidur yang maksimal dan berkualitas?

Pergi tidur di waktu yang sama setiap malam.

Hal ini dapat membuat tubuh Anda terbiasa dengan kondisi tersebut. Hasilnya, Anda tak akan kekurangan tidur dan terbiasa memiliki kedisplinan waktu tidur.

Berolahraga terlebih dahulu.

Cara ini dapat membuat Anda merasa lelah dan mudah mengantuk. Namun, jangan berolahraga terlalu larut malam, karena adrenalin justru akan terpompa dan menyebabkan sulit tidur.

Jangan mengonsumsi kopi di sore hingga malam hari sebelum tidur.

Kopi memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, kandungan kafein di dalamnya justru membuat Anda terjaga lebih lama.