Lima Tahun tak Keramas, Rambut Malah Sehat Foto: littleowlcrunchymomma

Lima Tahun tak Keramas, Rambut Malah Sehat

PinkKorset.com – Lima tahun lalu, Jacquelyn Baers memutuskan berhenti memakai shampo. Hasilnya, rambutnya malah luar biasa sehat.

Jacquelyn was-was dengan shampo setelah membaca kandungan kimianya. Menurutnya, setiap merek selalu memiliki kandungan kimia yang membuatnya khawatir. Kalaupun ada perbedaan, sangat tipis.

“Bila Anda tak mau menenggak bahan itu, mengapa pula Anda mengoleskannya di kulit (kepala)?” demikian logikanya.

Ia pun mencari produk yang lebih aman, seperti produk organik. Sama saja, bahan kimia tetap ada. Plus, shampo organik harganya lebih mahal ketimbang yang biasa.

Akhirnya, perempuan berambut coklat ini memutuskan untuk menggunakan bahan alami. Pilihan jatuh pada soda kue (baking soda) yang ia fungsikan sebagai shampo dan cuka apel sebagai kondisioner.

“(Keduanya) tak bekerja. Rambutku malah kering,” lanjutnya.

Jac pun membuat keputusan ekstrem, untuk berhenti mencuci rambut dengan bahan apapun. Awalnya sulit, rambutnya seakan memberontak karena bertahun-tahun dicuci menggunakan bahan kimia.

Kini, setelah berhenti selama lima tahun dari penggunaan shampo dan tiga tahun dari penggunaan cuka apel dan baking soda, rambut Baers menjadi lebih sehat. “Sangat sehat. Lebih sehat dari yang pernah saya ingat,” ujarnya.

Kapster di salon yang melakukan trim terhadap rambutnya selalu memuji. Ia pun menantang para perempuan untuk ikut mencobanya. Kini tak ada lagi shampo di rumahnya. Sang suami juga ikut tak pakai shampo.

Jac  dalam blognya bercerita, bahwa awal tahun ini ia mengunjungi dokter kulit untuk memeriksa kesehatan kulit kepalanya. Sang dermatologis pun menyatakan kulit kepalanya sehat dan tidak kering. Bahkan, tanpa diduga, dokter kulit itu ingin juga mencoba caranya, untuk tidak menggunakan shampo sama sekali.

Berikut beberapa gambar perjalanan rambut Jac lepas dari shampo. Foto-foto ini hasil candid saat Jac bersama keluarga dan teman-temannya, bukan foto profesional yang diedit.