Mengapa Kita Kecanduan ‘Junk Food’? [sciencemag]

Mengapa Kita Kecanduan ‘Junk Food’?

PinkKorset.com – Siapa yang tak suka junk food? Ada beberapa alasan sederhana mengapa makanan-makanan itu membuat kita kecanduan.

Banyak yang bertanya, jika junk food begitu buruk untuk tubuh, mengapa bisa populer? Sebelum mengungkapkan alasannya, mari segarkan ingatan mengenai apa yang dikategorikan junk food.

Definisi junk food adalah makanan yang nyaris tak ada nilai nutrisinya dan biasanya dikombinasikan dengan bahan-bahan yang buruk bagi kesehatan atau berkalori tinggi. Ya, itu berarti permen, kue, minuman ringan, dan banyak lagi.

Lalu, mengapa junk food makin ngetren?

Murah

Ini bisa dikatakan alasan utama junk food begitu digemari. Junk food kadang hadir dalam berbagai bentuk ‘paket hemat’ yang menggiurkan. Banyak dan murah. Anda juga tak perlu repot-repot karena junk food biasanya bisa disajikan secara cepat alias fast food. Jelas bukan, mengapa mi instan jadi makanan favorit kita?

Mudah

Tak perlu repot. Mulai dari penyajiannya yang instan atau Anda hanya tinggal menyiapkan selembar uang dan menuju mesin makanan (vending machine), maka junk food sudah di tangan. Junk juga awet, tak seperti sayur segar yang sudah tak enak dikonsumsi hanya dalam hitungan hari.

Enak

Mana ada junk food yang tak enak? Semua kategori rasa yang Anda suka seperti manis atau gurih, pasti ada dalam junk food. Kita juga sudah paham, makin sehat biasanya makin tak enak atau tak ada rasanya.

Tiga alasan inilah yang membuat kita beralih ke junk food. Lama-lama, konsumsi junk food jadi kebiasaan dan inilah yang jadi berbahaya karena cenderung melakukannya secara berlebihan. Sebaiknya jangan pertaruhkan kesehatan Anda hanya karena sesuatu yang murah(an), mudah, dan enak.