Nirina Kenalkan Kuliner Nusantara Pada Anak [liputan6]

Nirina Kenalkan Kuliner Nusantara Pada Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Mengenalkan ragam kuliner Nusantara kepada anak menjadi pilihan Nirina Zubir melestarikan makanan tradisional Indonesia.

Selebritas Nirina Zubir memiliki cara tersendiri mengenalkan makanan maupun minuman tradisional Indonesia kepada anak-anaknya.

Selain memasak makanan khas Padang di rumah, seperti Rendang, Gulai Gajebo dan Asam Padeh, Nirina juga mengajak anak-anak beriwsata ke beberapa daerah di Indonesia sekaligus mengenalkan kuliner setempat.

“Kalau tidak diajarkan dan disuguhkan di depan mata, mereka (anak-anak) akan lupa,” katanya saat acara Bango Perkuat Ekosistem Pelestarian Warisan Kuliner Indonesia di Jakarta, Kamis (21/4/2016).

nirina-zubir,-vertiaklBeberapa wilayah yang dikunjungi Nirina dan keluarga meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Mereka melintasi seluruh wilayah tersebut melalui jalur darat.

Nirina berkaca pada dirinya saat masa kecil yang selalu berpindah negara mengikuti sang ayah yang berprofesi sebagai diplomat. Perempuan kelahiran Madagaskar, 12 Maret 1980 ini mengaku terbiasa makanan Indonesia sejak kecil karena selalu dibawakan bekal buatan ibunya.

“Aku sering dibawakan Nasi Goreng atau Sate ke sekolah. Kita potluck ada dari Korea, Mongolia dan Jepang di sekolah, masakan paling rame punya  mama saya,” ucapnya bangga.

Nirina bersama suami, Ernest menerapkan aturan khusus kepada anak-anaknya untuk membatasi konsumsi junk food. Mereka mengizinkan anak-anaknya menyantap junk food pada Sabtu atau Minggu.

“Selain hari itu, mereka harus makan makanan Indonesia. entah Soto Mie, Bakso, Ketoprak, dan lain-lain. Ini cara melestarikan kuliner nusantara,” katanya lagi.

Ernest menambahkan, pembatasan konsumsi junk food atas dasar kesehatan. Menurutnya terlalu banyak makan junk food tidak memenuhi nutrisi. “Mendingan makan makanan rumah atau wisata kuliner kaki lima yang enak dan bersih,” pungkasnya.