Mengungkap Seabrek Manfaat Buah Apel [maxisciences]

Mengungkap Seabrek Manfaat Buah Apel

PinkKorset.com – Buah apel memang cukup mudah diperoleh. Baik yang didatangkan secara impor atau produksi lokal.

Selain dikonsumsi sebagai hidangan pencuci mulut, buah yang satu ini pun kerap dimasukkan dalam menu diet karena manfaatnya yang sangat besar.

Berikut seabrek manfaat apel bagi kesehatan tubuh Anda :

Merawat kecantikan kulit dan wajah

Masker apel dicampur madu berkhasiat untuk memelihara kelembaban kulit dan menghilangkan kulit yang kusam. Selain mencegah kulit berminyak dan jerawat, apel juga berkhasiat sebagai pembersih, menyamarkan kerutan pada kulit dan menyembuhkan peradangan kulit.

Sedangkan campuran 2 sendok makan sari apel dan parutan kentang dapat mengurangi kantung mata.

Memelihara kesehatan mulut

Mengkonsumsi buah apel dengan cara digigit ataupun dikunyah menyebabkan bertambahnya produksi air liur yang membuat bakteri di dalam mulut berkurang dan gigi keropos dapat dicegah.

Apel juga mengandung ektin yang berkhasiat menetralkan bau makanan. Sedangkan serat pada buah apel berfungsi sebagai benang alami untuk gigi.

Menjaga tulang

Penelitian mengatakan mengkonsumsi buah apel akan mencegah seseorang dari osteoporosis pada masa tua. Hal ini karena apel mengandung air yang banyak dan kalsium yang dapat merawat tulang.

Organ jantung lebih sehat

Seringkali mendengar, makan apel lebih sehat dengan kulitnya. Hal ini karena kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik yang baik untuk jantung.

Apel juga merupakan sahabat jantung, karena buah ini kaya dengan zat-zat fitokimiawi (phytochemicals), seperti flavonoid dan fenol yang baik untuk kesehatan jantung.

Rutin mengkonsumsi apel dapat secara signifikan menurunkan tingkat protein C-reaktif dan hidroperoksida lipid, dua bahan yang dapat mengindikasikan peningkatan risiko penyakit jantung.

Kandungan nutrisi pada apel juga dapat meningkatkan fungsi endotel pada jantung yang bertugas membantu distribusi darah ke seluruh tubuh.

Pencegah penyakit diabetes

Kandungan serat larut dalam apel mampu menangkal datangnya penyakit diabetes. Apel memiliki angka GI (glycemic index) yang rendah. Artinya, saat di dalam tubuh, apel tidak menaikkan gula dalam darah secara drastis,  sehingga  cocok untuk penderita diabetes. Untuk itulah, dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi apel tiap harinya untuk kesehatan tubuh yang lebih terjaga.

Menjaga berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam apel membuat Anda cepat kenyang dan tidak cepat merasa lapar kembali. Demikian juga kandungan air pada apel, menimbulkan rasa cepat kenyang, sehingga cocok bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan.

Memperkuat sistem imun tubuh

Zat Quercetin merupakan antioksidan yang terkandung didalam apel dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit dan selalu prima.

Mencegah diare dan sembelit

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga gangguan kesehatan seperti diare maupun sembelit akan jauh dari Anda.

Pencegah berbagai jenis kanker

Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya sebagi pencegah kanker. Flavanoid pada apel terbukti dapat mencegah berbagai jenis kanker.

Penelitian di Hawaii menunjukkan bahwa orang-orang yang sering mengkonsumsi apel berkurang risiko terhadap kanker paru-paru hingga 40%-50%. Hal ini karena apel mengandung antioksidan yang dapat mengikat hormon jahat yang berkaitan dengan kanker.

Meningkatkan daya ingat

Penelitian membuktikan konsumsi apel akan meningkatkan senyawa yang berhubungan antar sel, sehingga menyebabkan peningkatan daya ingat. Pada lansia, buah apel akan mengurangi kepikunan selain itu pada usia muda apel sangat berguna membangun struktur dalam otak yang berguna meningkatkan daya ingat.

Penglihatan lebih jernih

Rutin mengkonsumsi apel tiap harinya, berperan besar mencegah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada organ mata, salah satunya adalah katarak. Bila Anda merasa tidak fokus lagi melihat di waktu senja hari, sebaiknya mulai mengkomsumsi apel karena manfaat buah apel ini telah diteliti bisa memulihkan mata yang rabun.

Memperpanjang usia 

Penelitian pada 2011 oleh American Chemical Society menjelaskan kandungan apel memperkuat kemampuan motorik, terbukti dari hasil uji coba terhadap binatang yang dapat bertahan hidup lebih lama dibanding dengan teman-teman sejenisnya. Meski uji coba ini baru dilakukan terhadap hewan, tetapi mereka meyakinkan bahwa hal ini akan berpengaruh sama terhadap manusia.