Negara Paling Atraktif Untuk Berbisnis Pada 2014 Foto: bloomberg

Negara Paling Atraktif Untuk Berbisnis Pada 2014

PinkKorset.com, New York – Hong Kong didaulat menjadi negara yang paling menarik untuk berbisnis untuk 2014.  

Hong Kong berada di puncak daftar, berkat rendahnya biaya memulai bisnis di negara tersebut. Kanada melesat dari peringkat enam ke urutan kedua, terutama karena pendapatan konsumen, yang diukur dari tumbuhnya kelas menengah, konsumsi rumah tangga dan produk domestik bruto (PDB)  per kapita.

Amerika Serikat turun dari tempat kedua ke posisi ketiga karena biaya mendirikan usaha di negara tersebut melejit dibandingkan negara-negara lain.

Demikian berdasarkan analisis eksklusif Bloomberg Rankings mengenai negara yang paling atraktif untuk berbisnis,  yang dinilai dari data 2013, dilansir dari Bloomberg, Kamis (23/1/2014).

Negara-negara yang tergabung dalam kelompok BRIC, Brasil, Rusia, India dan China kebanyakan naik kelas tahun ini. Brasil melompat dari level 61 ke 38, Rusia naik dari posisi 56 ke 44 dan India naik dari posisi 54 ke 48 tahun ini.

Kebalikan dengan China yang terus meluncur, turun dari posisi ke-19 ke peringkat 28 tahun ini. Hal ini karena nilai pada biaya lain-lain berada di level 46, dari 50 negara yang disurvei.

Untuk peringkat 50 negara terbaik, Bloomberg menganalisis 157 negara dengan enam kriteria. Yakni tingkat integrasi ekonomi, biaya mendirikan usaha, biaya tenaga kerja dan bahan baku, biaya transportasi, biaya lainnya seperti inflasi dan jumlah korupsi serta kesehatan basis konsumennya.

Berikut daftar lengkapnya.