Nuansa Jepang ala Ivan Gunawan [PinkKorset/Merida]

Nuansa Jepang ala Ivan Gunawan

PinkKorset.com, Jakarta – Terpesona dengan keindahan bunga sakura dan Jepang, Ivan Gunawan ciptakan koleksi gaun pernikahan.

Koleksi yang diberi nama Madame Sakura ini menyatukan siluet gaya Eropa dengan sentuhan budaya Jepang.

Meski memadankan dua kebudayaan east dan west, namun Ivan sangat menonjolkan kebudayaan Jepang dalam pertunjukkan rancangannya yang digelar Jumat (15/8/2014), di Grand Ballroom Ritz Carlton, Jakarta.

Tak tanggung-tanggung beberapa aksesoris untuk hiasan kepala hingga kipas dan payung yang dibawa para model serta musik yang ia beli sendiri khusus di salah toko kaset lokal disana, menjadi jamuan pada pertunjukkan yang berlangsung selama 20 menit tersebut.

“Unsur budaya jepang saat kental sekali dalam fashion show ini. Mulai dari make up, aksesoris, dekorasi dan Didik Nini Towok, maestro indonesia yang menarikan tarian kabuki,” ujarnya saat konferensi pers.

Ada pengalaman unik yang didapat Ivan saat melakukan pencarian musik tradisional yang hendak dibelinya. Keterbatasan bahasa diantara Ivan dan penjual kaset membuat ia harus menari-nari memperagakan gerakan sebuah tarian.

“Karena nggak semua orang bisa bahasa Inggris, saya akhirnya pake bahasa tarzan, menarikan tarian yang menggunakan musik tersebut,” kisahnya.

Nuansa Jepang juga terlihat pada pilihan warna putih, beige dan pink menjadi visualiasi warna keindahan bunga sakura. Potongannyapun tak semua berbentuk gaun panjang klasik, tapi juga gaun pendek yang disebutnya cocok digunakan sebagai wedding travelling.

Ivan menggunakan bahan tulle sebanyak 70% untuk koleksi tersebut.