Penyebab dan Solusi Bisul di Kulit Kepala [bowenhealing]

Penyebab dan Solusi Bisul di Kulit Kepala

Pinkkorset.com – Tak hanya gangguan kesehatan, bisul di kulit kepala juga bisa disebabkan oleh stres yang melanda.

Ketombe, minyak berlebih atau rambut rontok sudah menjadi masalah kulit kepala yang umum. Namun tidak demikian halnya dengan penyakit kulit  bisul yang hanya mendera beberapa orang saja.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, biasanya terjadi karena masalah kesehatan seperti iritasi dan jenis kulit tertentu. Di luar itu, masalah stres rupanya juga dapat memicu timbulnya benjolan-benjolan kecil di area kulit kepala.

Beda penyebab tentu saja beda penangannya. Untuk itulah Anda perlu mengetahui secara pasti apa penyebab bisul di kulit kepala. Caranya, dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium atau kepada dokter kulit terdekat.

Bisul Infeksi

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan infeksi sebagai pemicu timbulnya jerawat, biasanya dokter akan memberikan antibiotik atau anti jamur. Anda juga bisa mencari dan berkonsultasi  dengan dokter mengenai sampo atau sabun yang tepat untuk membantu memulihkan kesehatan kulit kepala yang bermasalah tersebut. Tak hanya memulihkan, perawatan rambut dan kulit kepala juga perlu Anda lakukan agar bisul tak lagi kembali.

Jenis Kulit Tertentu

Tak semua orang diberkahi dengan jenis kulit yang baik. Beberapa diantaranya rentan terhadap masalah kulit seperti bisul. Untuk itu, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengobatan untuk tubuh, contohnya dengan melakukan pembersihan darah, pembersihan sistem pencernaan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem pengobatan Ayurveda dari India misalnya, sangat percaya jika sistem pencernaan menjadi akar dari munculnya masalah kesehatan di dalam tubuh.

Stres

Tak hanya masalah kesehatan, stres juga bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit termasuk bisul. Untuk penyebab yang satu ini, obat dokter manapun tak bisa membantu menyembuhkannya. Solusinya hanya satu, yakni mengurangi atau menghilangkan stres yang Anda alami.

Perlunya Tindakan Pencegahan

Untuk mencegah hadirnya bisul di kulit kepala, Anda bisa melakukan beberapa cara yakni selalu menjaga kebersihan kulit kepala dan tak membiarkan kotoran menumpuk, mencuci rambut dengan bersih dan mengeringkannya, tidak membiarkan minyak berlebih di kulit kepala yang dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori, selalu melindungi kulit kepala yang longgar saat keluar ruangan dan berhati-hati dalam merawat serta menyisir rambut.