Pernahkah Anda Melihat ‘Udang’ Transparan Ini? Foto: DM

Pernahkah Anda Melihat ‘Udang’ Transparan Ini?

PinkKorset.com, Karikari – Seorang nelayan dari Selandia Baru menangkap seekor hewan laut mirip udang yang tubuhnya transparan.

Stewart Fraser sedang asyik memancing bersama kedua putranya, Conaugh dan Finn, di lepas Semenanjung Karikari saat mereka menangkap ‘udang’ aneh itu.

“Saya sempat bimbang, tapi sangat penasaran dan ingin melihatnya dari dekat,” kata Fraser.

Saat dipegang, kata Fraser, hewan itu terasa lembut dan kenyal seperti jelly. Tak ada apa-apa di dalam tubuhnya selain gumpalan berwarna oranye.

Fraser kemudian mengabadikannya dan menunjukkan foto itu ke kawan-kawannya. Semua orang bingung, tak pernah tahu apa nama hewan ini.

“Kami sama sekali tak tahu hewan apa dan saya belum pernah melihatnya sebelum ini,” lanjutnya.

Pernahkah Anda Melihat 'Udang' Transparan Ini?

Stewart Fraser dan ‘udang’ aneh tangkapannya (Foto: DM)

Menurut pemimpin riset di National Marine Aquarium di Plymouth, Inggris, Deborah Cracknell, hewan itu adalah Salpa maxima alias sejenis plankton yang berkulit.

Sementara Direktur Konservasi dan Komunikasi National Marine Aquarium, Paul Cox berkata, tak banyak yang diketahui mengenai salpa.

“Mereka sering ditemukan di laut yang suhunya lebih rendah. Biasanya, terkonsentrasi di perairan bagian selatan,” ujarnya.

Salpa, lanjutnya, telah hidup selama beberapa generasi sebagai makhluk individual atau sekelompok yang membentuk rantai panjang.

Pernahkah Anda Melihat 'Udang' Transparan Ini?

Salpa maxima membentuk rantai (Foto: Google)