Pertimbangkan Empat Hal Ini Sebelum Resign [businesslobby]

Pertimbangkan Empat Hal Ini Sebelum Resign

Pinkkorset.com – Anda berniat pindah pekerjaan karena iming-iming gaji yang lebih besar? Hmm, apa benar itu keputusan yang tepat?

Meski telah memiliki pekerjaan, banyak orang yang masih mencari dan mencoba pekerjaan di tempat lain. Salah satu alasan yang paling umum adalah upah yang lebih besar dibandingkan tempat mereka bekerja saat ini.

Alasan ini biasanya erat kaitan dengan tuntutan kebutuhan dan gaya hidup kaum urban yang cenderung tinggi. Walaupun tak semua berpikir gaji besar bisa memberikan kenyamanan bekerja.

Orang-orang ini akan lebih mengutamakan kepuasan batinnya dalam berkarya serta mengikuti passion yang ia yakini terhadap suatu pekerjaan. Meski bukan berarti mereka tak pernah bimbang saat idealisme bertumbukan dengan desakan ekonomi.

Untuk itu, sebelum Anda terburu-buru mengambil keputusan untuk pindah tempat atau pekerjaan demi upah yang lebih besar, kenali dengan baik apa alasan yang menjadi pertimbangan utama dalam membuat keputusan.

Berapa Banyak Lagi Uang yang Anda Butuhkan?

Pikirkan dengan seksama kebutuhan apa saja yang dirasa sudah sangat mendesak, seperti membantu keluarga membangun rumah, membantu biaya pengobatan, atau biaya pernikahan?

Jika tak ada kenaikan dalam jumlah signifikan pada pekerjaa baru tersebut, misalnya hanya berkisar antara 25-30%, pikirkan apakah uang tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan sekaligus sepadan untuk ‘membayar’ masa adaptasi di tempat baru?

Apakah ‘Jobdesc’ Akan Berganti?

Memilih pekerjaan di tempat baru jika sama dengan tempat Anda bekerja sekarang, tentu takkan menimbulkan masalah. Sebelum memutuskan mengambil pekerjaan baru, pastikan bahwa itu hal yang terbaik untuk Anda.

Siapkah Anda dengan tantangan pekerjaan baru dan memulainya dari nol? Jangan sampai Anda ‘buta’ oleh iming-iming upah yang besar namun nyatanya tak nyaman dengan pekerjaan tersebut.

Pilihan Karir yang Tepat?

Sebagian orang-orang yang berpengalaman mendapatkan tantangan untuk pindah ke perusahaan baru atau lebih kecil dengan upah yang dinilai wow. Namun apakah keputusan tersebut benar?

Bagaimana masa depan pekerjaan di tempat baru tersebut? Pikirkan baik-baik karena perubahan besar ini akan mempengaruhi resume dan membuat orang yang akan mempekerjakan Anda tentu bertanya-tanya.

Namun bukan berarti Anda tak boleh menerima tantangan ini, tak sedikit yang justru lebih sukses ketika berani ‘hijrah’ ke perusahaan yang baru meskipun lebih kecil dibanding perusahaan lama.

Apakah Anda Mencintai Pekerjaan Tersebut?

Terkadang, uang tak bisa mendikte untuk melakukan apa yang Anda tidak sukai dan memaksa meninggalkan pekerjaan yang disukai.

Jika sudah jatuh cinta dengan pekerjaan di tempat lama, apakah perlu menukarnya dengan pekerjaan membosankan hanya demi upah lebih besar?

Ingat, kenyamanan bekerja tak hanya ditentukan oleh uang, tapi juga pekerjaan itu sendiri serta kenyamanan lingkungan tempat Anda bekerja.