Sebal, Kabel Earphone Selalu Ruwet! [corbis/dm]

Sebal, Kabel Earphone Selalu Ruwet!

PinkKorset.com – Kabel headphone atau earphone langsung ruwet begitu dimasukkan ke dalam saku atau tas? Sebal, deh!

Sejak Walkman pertama, penggemar musik pasti mengerti mengapa kabel-kabel itu ruwet dengan sendirinya. Ilmuwan pun menggunakan sains untuk mencari tahu kenapa fenomena itu terjadi.

Ternyata, ini ada hubungannya dengan lapisan logam di dalamnya. Saat terguncang, kabel membentuk lapisan tersebut. Ujung kabel pun saling bertemu dan membentuk simpul yang menghabiskan kesabaran kita.

Penelitian ini dilakukan oleh pakar dari University of California, San Diego, yang menemukan 120 simpul berbeda dibuat oleh kabel-kabel tersebut. “Kadang, dalam hitungan detik,” demikian studi mereka.

Kabel saling menyilang sebanyak sebelas kali selama 3.415 percobaan. Studi dilakukan dalam berbagai kombinasi berbeda. Hasil menarik lainnya juga ditemukan saat melakukan studi ini.

“Keeratan lapisan logam itu, meski tak sempurna, berhubungan erat dengan wadah tempat kabel diletakkan,” demikian studi yang telah dipublikasikan di PNAS ini.

Peneliti meletakkan kabel earphone di dalam kotak transparan dan menggunakan teori simpul matematika untuk menganalisanya. Mereka rupanya tak hilang kesabaran seperti kita saat menguraikan kabel-kabel itu.

Jadi, kabel-kabel itu tidak hidup dan memutuskan untuk menguji kesabaran Anda.