Serunya Belajar Tenun di Museum Tekstil Jakarta Foto: PinkKorset.com/Merida

Serunya Belajar Tenun di Museum Tekstil Jakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Setelah membuka workshop membatik pada 2005, kini Museum tekstil membuka workshop menenun.

Yeni, perwakilan dari Museum Tekstil yang ditemui di sebuah pameran di bilangan Senayan, Jakarta menyebutkan, workshop menenun ini baru mulai di museum tersebut. “Baru sebulan dua bulan ini,” ujarnya, Rabu (5/2/2014).

Menurut Yeni, workshop menenun ini lebih ditujukan untuk anak-anak yang berkunjung ke museum tekstil. “Supaya anak-anak tahu proses pembuatannya, ini masih sangat sederhana, masih tekhnik yang sederhana,” urainya.

Meski baru dibuka sekitar dua bulan, respon anak-anak sekolah yang mengikuti workshop menenun ini terlihat baik menurut Yeni, “Mereka senang pastinya, karena belum ada ya mereka dikenalin ini (proses menenun),” ujarnya.

Namun tak seperti workshop batik yang bisa menampung banyak anak yang ingin mencoba membatik, workshop tenun ini memiliki batasan jumlah anak karena keterbatasan alat yang dimiliki Museum Tekstil.

“Ini skalanya masih kecil ya, 10, 20 (anak) tapi kalau di atas itu belum terkontrol, nanti kalau udah banyak alatnya, kita punya alatnya ini baru 30an, jadi belum bisa terima banyak, kecuali batik, itu ada seratus dua ratusan,” urai Yeni.

Jika Anda tertarik untuk membawa putra putri anda untuk mengenal proses menenun, silakan datang ke Museum Tekstil Jakarta yang terletak di Jl. K.S. Tubun No. 2-4, Jakarta Barat.

Workshop dibuka setiap hari atau untuk saat ini dan Anda bisa berkunjung ke stand Museum Tekstil yang berada di Indonesian Heritage Craft & Fashion yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.