Singapura Bakal Jadi Investor Terbesar RI [propertyreport]

Singapura Bakal Jadi Investor Terbesar RI

PinkKorset.com – Tahun ini, Singapura berpotensi menjadi negara dengan nilai investasi terbesar di berbagai sektor di Indonesia.

Duta Besar RI untuk Singapura Andri Hadi mengatakan, nilai investasi Singapura di Indonesia bisa mencapai 5 miliar dolar AS tahun ini.

Menurut dia, pihaknya yang bekerja sama antara lain dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan lembaga-lembaga terkait lainnya, terus mencoba menarik para investor dari Singapura untuk berinvestasi.

Pada kuartal ketiga (Q3) 2014, Singapura adalah investor asing terbesar di Indonesia dengan nilai investasi US$4,9 miliar atau 22,5 % dari total FDI. Sdebagian besar investasi ditanamkan di Jakarta, dengan nilai US$1,5 miliar, disusul Banten (US$492,3 juta), Jawa Timur (US$411,7 juta), Kalimantan Timur (US$320,9 juta) dan Sumatera Selatan (US$300,4 juta).

Sektor yang diminati terutama adalah sektor transportasi, telekomunikasi, pergudangan, manufaktur, industri makanan, perkebunan dan elektronik.

Ia baru-baru ini menyertai sebanyak 40 pengusaha Singapura untuk menjajaki investasi dan bisnis di Jakarta dan Surabaya, dua kota yang paling diminati mereka karena telah memiliki infrastruktur yang baik dan dekat dengan pelabuhan laut.

“Sejumlah pengusaha dari sini (Singapura) akan ke Indonesia lagi untuk maksud yang sama,” katanya.

Bagaimana posisi Indonesia bagi Singapura?

Menurut Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura (MTI), Indonesia merupakan mitra dagang terbesar keempat bagi Singapura setelah AS, Malaysia dan Tiongkok.

Pada Januari-Juli 2014, total perdagangan Singapura-Indonesia mencapai 42,99 miliar dolar Singapura atau 7,38 % dari total perdagangan Singapura dengan dunia yang mencapai 582,8 miliar dolar Singapura.

Sedangkan pada 2013 nilai perdagangan bilateral mencapai 74,8 miliar dolar Singapura, atau 7,63% dari total perdagangan Singapura pada 2013 yang mencapai 980,2 dolar Singapura.