Tidur Siang yang Menyenangkan [viralnovelty]

Tidur Siang yang Menyenangkan

PinkKorset.com – Sebagian besar orang menyukai tidur siang. Sayang sekali kita tak bisa melakukannya seharian. Tapi, tidur siang itu juga penting lho!

Kadang aktivitas yang begitu sibuk membuat Anda sama sekali tak pernah memikirkan tidur siang. Tapi menurut Ben Greenfield, penulis Beyond Training: Mastering Endurance, Health, and Life, ada banyak dampak positif tidur siang.

Diantaranya meningkatkan level produktivitas Anda dengan meningkatkan kewaspadaan, kreativitas, serta daya ingat setelah bangun hingga beristirahat di malam hari. Asal Anda melakukannya secara proporsional.

“Biasanya setelah makan siang, bukan sore hari atau bahkan ketika hari sudah gelap. Ini juga bisa memulihkan tubuh saat Anda kurang tidur malam,” demikian buku tersebut. Berikut trik tidur siang yang efektif.

Jangan gunakan alarm jjika tak perlu. Jika Anda membiasakan tidur siang sehat, tubuh secara otomatis bangun dalam 20-60 menit. Suara alarm yang mengagetkan malah membuat stres karena meningkatnya adrenalin dan kortisol.

Atur waktunya. Usahakan tidur siang sekitar tujuh atau delapan jam setelah bangun pagi. Secara teori, pada waktu itu kewaspadaan Anda mulai berkurang. Sehingga ini waktu yang tepat untuk recharge.

Jangan minum kopi sebelum tidur siang. Sedikit saja kandungan kafein di dalam sistem, bisa mengganggu kualitas tidur. Jika memang sempat tidur siang, manfaatkan baik-baik. Salah satunya dengan menghindari kafein.

Jangan stress sebelum tidur. Jadwalkan aktivitas yang lebih ringan sesaat sebelum tidur siang. Sehingga tidur siang meski singkat tapi tetap nyenyak. Jika ingin berolah raga, lakukan 45 menit sebelum istirahat siang.

Makanlah, sebab saat lapar maka Anda takkan nyenyak. Pastikan Anda juga mematuhi jadwal tidur setiap hari. Sehingga, tubuh akan terbiasa dengan rutin tersebut.

Terpenting, jangan pernah ‘memaksakan’ tidur dengan alkohol atau semacam obat bius. Anda akan terbangun dengan perasaan limbung dan lelah, bukannya fresh untuk melanjutkan hari hingga malam tiba.