Wapres Indikasikan Harga BBM Naik Bulan Ini Foto: bloomberg

Wapres Indikasikan Harga BBM Naik Bulan Ini

PinkKorset.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sinyal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan dilakukan November 2014.

Keputusan ini diambil setelah melalui berbagai persiapan matang, antara lain menyebarkan Kartu Indonesia Sehat ( KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke masyarakat yang berhak menerima.

“Pokoknya kenaikan harga BBM bulan inilah,” kata Jusuf Kalla kepada pers di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Wapres mengatakan kenaikan harga BBM pada dasarnya adalah mengalihkan subsidi dari konsumsi ke produktif, yaitu dari masyarakat yang selama ini mampu ke masyarakat yang kurang mampu.

“Sekarang ini kan subsidi kita berikan kepada orang yang punya mobil. Itu yang akan kita ambil dan akan kita alihkan subsidi tersebut ke rakyat yang kurang mampu,” katanya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi akan dilakukan pemerintah sebelum Januari 2015.

Terkait volume BBM bersubsidi yang pada akhir tahun diperkirakan melebihi kuota 46 juta kiloliter, pemerintah akan mengupayakan cara lain yang lebih efektif dari sekedar program pengendalian konsumsi.

“Pokoknya diusahakan, agar bagaimana kuota yang ada itu tercukupi tanpa orang harus antre, karena antre itu tidak akan menyelesaikan masalah,” kata Sofyan.