Wisata ke Kolam Terdalam Dunia

PinkKorset.com – Dalam kolam renang ini seperti sembilan bus tingkat yang ditumpuk. Tertarik mengunjunginya?

Letak kolam renang ‘Y-40 Deep Joy’ memang jauh di Hotel Terme Millepini, Italia. Ukuran permukaannya 21×18 meter, tapi dalamnya mencapai 40 meter. Y-40 pun mengambil mahkota kolam renang terdalam dari Nemo33 di Brussel, Belgia.

Tadinya, tempat ini digunakan untuk berlatih menyelam dan scuba diving. Arsitek kolam renang yang terletak di hotel berbintang empat ini adalah Emanuele Boaretto yang kian terkenal.

“Y-40 unik karena memiliki spa water yang tak bisa diambil dari luar. Kami ingin membuat sesuatu yang secaera jangka panjang, tak merugikan lingkungan,” papar Boaretto.

Y-40 baru dibuka untuk umum pada Juni lalu dan langsung mengandalkan kedalaman yang setara gedung bertingkat 12 itu. Anda tak butuh baju selam, sebab suhu air selalu dijaga pada 32-34 derajat Celsius.

Saat launching, olahragawan air Italia ikut meramaikan. Seperti penyelam bebas Umberto Pelizzari dan Enzo Maiorca, bapak freediving negara itu. Penyelam perempuan Ilaria Molinari bahkan mengenakan kostum putri duyung.

Selanjutnya, Boaretto berencana menambahkan kebun di sekeliling dan menutupi kolam itu agar bisa membaur dengan lingkungan sekitarnya yang bagian dari taman nasional Euganean Hills.

Sebagai perbandingan kedalaman kolam, tinggi Patung Kristus Penebus (Christ Redeemer) di Rio de Janeiro adalah 38 meter dan patung Liberty di New York tanpa penyangganya adalah 45 meter.