Yoga Bantu Atasi ‘Lower Back Pain’ Foto: PInkKorset/Merida

Yoga Bantu Atasi ‘Lower Back Pain’

PinkKorset.com, Jakarta – Sakit punggung karena terlalu lama duduk? yoga bisa membantu Anda mengatasinya.

Bagi perempuan pekerja, bekerja sambil duduk seharian menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari yang tak bisa dihindari. Akibatnya, timbul rasa sakit pada punggung bagian bawah atau pinggang Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengobatinya ketika Anda sudah terserang rasa sakit di bagian ini. Salah saatunya, dengan melakukan yoga.

Menurut Dini, instruktur sekaligus pemilik studio yoga Dini Yoga di Kemang, Jakarta, fungsi rehabilitasi pada yoga salah satunya untuk mengatasi lower back pain. Tak hanya melenturkan otot, tapi juga mengurangi rasa sakit.

“Jadi ketika mengalami lower back pain, rasa sakitnya takkan sesakit ketika belum melakukan yoga,” kata Dini.

Yoga Bantu Atasi ‘Lower Back Pain’

Foto: PinkKorset/Merida

Keluhan sakit di bagian bawah punggung ini tak hanya dikeluhkan perempuan kantoran. Ibu rumah tangga pun mengalaminya, ketika mereka harus banyak menggendong anak.

“Yoga sangat membantu untuk meregangkan otot-otot yang tidak pernah diolahragakan itu,” ujar Dini kepada PinkKorset.com, Sabtu (17/1/2014) lalu.

Dini kemudian menjelaskan teknik yang digunakan untuk mengatasi masalah lower back pain. Yakni dengan lebih membuka depan dada. Sebagian orang menaruh beban di depan atau bagian dada seperti saat kebanyakan duduk.

Teknik yang dilakukan adalah bagaimana memanjangkan bagian depan dan belakang tubuh, sehingga keduanya sama panjang.

Anda tertarik mencobanya? Bagi para pemula, Dini menyarankan untuk melakukannya sekali dalam sepekan dan meningkatkannya secara bertahap. “Tapi sebaiknya, ya beristirahat,” tuturnya.