10 Cara Agar Rumah Menyehatkan [nehh.org]

10 Cara Agar Rumah Menyehatkan

PinkKorset.com – Rumah yang bersih dan sehat akan membuat penghuninya terasa bugar dan jauh dari penyakit.

Kita mengenal ungkapan home sweet home atau rumahku istanaku. Ini menggambarkan betapa seseorang sangat mencintai tempat tinggalnya.

Banyak aktivitas dilakukan di rumah dan lambat laun tempat tinggal ini bisa menjadi ladang penyakit bila tidak memerhatikan kebersihannya.

Sepuluh langkah ini dapat menjadikan rumah menyehatkan bagi Anda dan keluarga.

Ventilasi

Pastikan sirkulasi udara rumah baik. Jendela rumah terpasang dengan baik, dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Langit-langit rumah dibuat tinggi dan memasang exhaust fan pada ruangan yang tidak berjendela.

Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Produk ramah lingkungan biasanya rendah racun dan polutan. Menggunakan produk tersebut membuat rumah semakin bersih dan segar.

Jauhkan Aerosol

Produk dengan kemasan kaleng aerosol seperti hair spray, obat nyamuk dan deodorant mengandung gas yang merusak ozon.

Jika Bisa, Hindari Karpet

Duduk atau tidur di atas karpet memang menyenangkan. Namun karpet itu menyenangkan bagi tungau, jamur, debu, bulu-bulu hewan dan lainnya untuk hinggap di dalamnya. Itu semua dapat memicu alergi dan penyakit.

Kosongkan Stop Kontak

Selalu cabut semua perangkat elektronik setelah digunakan. Selain menghemat listrik, hal ini juga mencegah korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran.

Rak Sepatu di Luar Rumah

Susun sepatu dengan rapi dan letakkan di luar ruangan rumah, misalkan di garasi. Sepatu dan sandal dapat membawa kotoran dari luar dan menyebarkannya di dalam rumah.

Pastikan Cat Sudah Kering

Sebelum menempati ruangan yang baru dicat, pastikan sudah kering. Cat mengandung pelarut volatile organic compound (VOC) yang mudah menguap. Bila terhirup akan berdampak pusing, sesak napas dan mata perih. Bahkan bila terpapar dalam jangka panjang akan memicu kanker dan kerusakan syaraf otak.

Jemur Pakaian di Luar Rumah

Menjemur pakaian di dalam rumah akan meningkatkan kelembaban udara dan memicu pertumbuhan jamur dan perkembangan bakteri. Bila terpaksa, bukalah jendela untuk mengurangi kelembaban.

Uji Kadar Radon

Radon adalah gas radioaktif alami mulia tanpa warna, rasa dan bau. Secara alami dapat ditemukan di bebatuan, tanah dan air. Gas radon dapat memicu kanker paru-paru dan kemungkinan ini lebih cepat pada perokok.

Gas radon bisa masuk ke dalam rumah melalui septic tank, selokan, retakan di lantai semen dan dinding. Kadar radon lebih tinggi di ruang bawah tanah.

Cuci Tirai Mandi

Mengganti dan mencuci tirai mandi secara rutin bisa menghambat perkembangan jamur di kamar mandi.