8 Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Tajam [imgarcade]

8 Cara Menjaga Daya Ingat Tetap Tajam

PinkKorset.com – Usia bertambah, kemampuan mengingat pun biasanya melemah.

Anda sebenarnya dapat menjaga daya ingat agar tetap tajam di hari tua, dengan cara menjaga kondisi tubuh dengan baik.

Berikut delapan tips yang dapat diikuti untuk mencegah berkurangnya daya ingat di masa mendatang.

Selalu aktif secara fisik

Riset menemukan hubungan antara aktivitas fisik dan perlambatan penurunan daya ingat. Dengan berolahraga, aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak, menjadi lebih lancar. Sel otak pun akan terpacu untuk tumbuh.

Olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari, juga membuat tubuh tetap energik serta waspada.

Pilihlah aktivitas fisik yang menyenangkan, seperti jalan-jalan. Lalu, tingkatkan ke aktivitas yang lebih tinggi, seperti memarkir kendaraan lebih jauh dari tempat tujuan dan berjalanlah. Pilihlah tangga ketimbang elevator, atau menonton televisi sambil mengayuh sepeda statis.

Kegiatan fisik yang teratur dapat menjaga pikiran tetap bersih, tubuh bugar dan menurunkan risiko terhadap berbagai penyakit.

Mengolahragakan daya ingat

Aktivitas fisik menjaga tubuh tetap kuat. Sedangkan kegiatan otak menjaga pikiran tetap tajam dan cerdas. Munculkan keinginan untuk selalu belajar hal-hal baru. Bila otak terus belajar, maka otak akan terus berkembang.

Otak yang aktif akan memproduksi sambungan baru antar sel syaraf sehingga dapat tetap menyampaikan pesan. Selain mempermudah menangkap informasi berapapun usia Anda.

Kegiatan otak yang bisa dipilih antara lain belajar memainkan alat musik baru, memainkan scrabble atau mengisi teka-teki silang, belajar bahasa asing, memulai hobi baru seperti melukis, memasak atau membuat tembikar.

Kegiatan yang membutuhkan sosialisasi juga mampu mengolahragakan daya ingat. Seperti berinteraksi dengan orang lain, pindah karier atau menjadi sukarelawan. [bersambung]