‘American Sniper’, Patriotisme Khas Amerika [google]

‘American Sniper’, Patriotisme Khas Amerika

PinkKorset.com – Dikenal sebagai legenda penembak jitu (sniper) tidak membuatnya lupa diri terhadap keluarga. Ini kisah seorang tentara Amerika yang membagi tanggung jawab sebagai abdi negara dan kepala keluarga.

Film aksi ini cukup memukau pada awal 2015 karena banyak orang Amerika menyukainya. Dibesut oleh aktor legendaris yang sukses membuktikan dirinya sebagai sutradara handal, Clint Eastwood, film ini diangkat dari kisah nyata seorang sniper di US Navy SEAL.

Di box office, pendapatan American Sniper cukup tinggi, mencapai US$432,1 juta. Kritikus memberi tanggapan positif dan masuk beberapa nominasi di ajang penghargaan Academy Awards alias Piala Oscar.

Naskahnya diadaptasi dari biografi Chris Kyle yang bertajuk ‘American Sniper: The Autobiography of the Most Lethal Sniper in U.S. Military History’ (2012), ditulis Chris bersama Scoot McEwen dan Jim DeFelice.

Di versi filmnya, Chris diperankan aktor tampan Bradley Cooper. Laki-laki kelahiran Texas, AS ini terlatih berburu hewan yang diajarkan oleh ayahnya. Ia bergabug dengan US Navy setelah melihat berita pemboman Kedubes AS pada 1998.

Sebelum ditugaskan ke Irak pascatragedi 11 September 2001, Chris bertemu Taya Renae (Sienna Miller) di bar dan menikahinya. Ia kemudian dikenal sebagai legenda penembak jitu karena kabar berhembus, ia sudah menghabisi 255 orang.

Tak jarang, ia tertekan karena harus menembak anak kecil. Sebagaimana tentara, Chris juga pulang ke negaranya dan berangkat lagi ke Irak. Istrinya selalu khawatir. Film ini mengisahkan kehidupan tentara dengan tugas berat yang juga seorang ayah.

Tangan dingin Clint Eastwood yang selalu bersabar dan telaten dengan karyanya, membuat drama-drama besutannya selalu layak tonton. Lelaki jangkung ini cukup piawai membawa kisah seorang manusia ke layar lebar.

Namun begitu, film ini cukup kontroversial. Sebab meski Clint seorang sutradara hebat dan akting Bradley tak mengecewakan, sosok si sniper sendiri kontroversial. Beberapa serdadu Amerika bahkan mengklaim, biografinya dilebih-lebihkan.

Nasib juga telah berbicara bagi Chris, yang tewas pada Februari 2013 lalu karena ditembak mati oleh mantan anggota marinir. Pelakunya telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, bulan lalu.

Banyak yang menilai, film ini terlalu Amerika dan menggambarkan patriotisme ala negeri adidaya tersebut. Bagaimapun, Anda jurinya. Selamat menyaksikan!

AMERICAN SNIPER

Sutradara: Clint Eastwood

Produser: Clint Eastwood, Robert Lorenz, Andrew Lazar, Bradley Cooper, Peter Morgan

Skenario: Jason Hall

Pemeran: Bradley Cooper, Sienna Miller

Produksi: Village Roadshow Pictures, Mad Chance Productions, 22nd & Indiana Pictures, Malpaso Productions

Distribusi: Warner Bros Pictures