Banyak Jamu Mengandung Bahan Kimia Obat

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak obat tradisional dan suplemen kesehatan yang ternyata masih mengandung bahan kimia obat yang membahayakan kesehatan.

Hingga saat ini, obat tradisional (OT) dan suplemen kesehatan (SK) banyak yang masih mengandung bahan kimia obat (BKO).

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy Sparingga mengatakan, sebagian besar masyarakat masih memilih obat tradisional (jamu) yang cepat manjur dan menganggapnya aman karena berbahan alami.

“Jamu cespleng (sangat manjur) perlu diwaspadai,” katanya saat konferensi pers Penanggulangan Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia Obat di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Efek mujarab jamu yang begitu cepat dihasilkan dari BKO. BPOM menemukan produk OT mengandung obat penghilang nyeri dan antirematik (parasetamol dan fenilbutazon).

“Parasetamol dan fenilbutazon tidak boleh dicampurkan sama sekali ke dalam OT,” katanya lagi.

Penggunaan kedua obat ini secara tidak tepat dalam jangka panjang maupun dosis besar berdampak serius pada tubuh. Parasetamol dapat menyebabkan kerusakan hati.

Sementara fenilbutazon memiliki efek samping seperti mual, muntah, ruam kulit, penimbunan cairan, pendarahan lambung, reaksi hipersensitifitas (Steven Johnson Syndrome), hepatitis, gagal ginjal, leukopenia, anemia aplastik dan agranulositosis.