Barang Populer Yang Diburu Turis Tiongkok di Luar Negeri [goods001]

Barang Populer Yang Diburu Turis Tiongkok di Luar Negeri

PinkKorset.com – Dari kursi toilet elektronik buatan Jepang hingga jam tangan mewah Swiss, wisatawan Tiongkok  telah keliling dunia atas nama terapi ritel.

Festival Musim Semi bukan lagi waktu untuk berkumpul bersama keluarga di Tiongkok, karena semakin banyak warganya yang pelesiran ke luar negeri selama liburan. Belanja adalah salah satu misi mereka yang paling penting selama libur panjang.

Dari kursi toilet elektronik Jepang hingga jam tangan mewah Swiss, wisatawan Tiongkok  telah mengelilingi dunia, untuk melakukan pembelian di pelbagai department store dan toko-toko mewah.

Berikut adalah beberapa item yang paling populer di kalangan pembeli Tiongkok . Beberapa barang biasa dibeli turis mancanegara lain, namun ada beberapa item yang mungkin sedikit aneh.

Tutup toilet

Most popular items Chinese shoppers buy overseas

Staf perusahaan Jepang Sanrio memamerkan dudukan toilet Hello Kitty teranyarnya, di Tokyo, Jepang, 2015

 

Sejumlah besar wisatawan Tiongkok memburu kursi toilet elektronik di Jepang selama liburan Festival Musim Semi kemarin. Item ini populer di kalangan konsumen Tiongkok  karena dilengkapi dengan berbagai fungsi tambahan seperti pemanas tempat duduk dan shower air hangat . Sebuah laporan dari Chongqing Evening News mengatakan beberapa kursi toilet mungkin sebenarnya dibuat di Tiongkok .

Rice cooker

Most popular items Chinese shoppers buy overseas

Seorang pembeli asal Tiongkok melihat rice cooker di toko Laox Co. di distrik Ginza, Tokyo, Jepang, 2015

Banyak wisatawan Tiongkok  juga berbondong-bondong ke Jepang untuk membeli rice cooker Jepang di liburan Festival Musim Semi lalu. Beberapa produsen mengatakan rice cooker produksi mereka terbuat dari bahan khusus sehingga lebih solid dan bisa memasak nasi lebih baik.

iPhone

Most popular items Chinese shoppers buy overseas

Seorang perempuan melihat iPhone 6 di gerai Apple di Hong Kong, 2014

Elektronik, khususnya iPhone, iPads dan kamera digital merupakan barang yang sangat populer di kalangan wisatawan Tiongkok karena harga yang relatif lebih murah ketimbang di negaranya. Menurut Chinese Luxury Consumer Survey 2015 yang dirilis oleh Hurun Report, Apple merupakan merek paling populer di kalangan perempuan kaya Tiongkok.

Susu formula bayi

Ibu-ibu asal Tiongkok banyak yang membeli susu formula bayi dari luar negeri, setelah produsen susu bubuk di negaranya mengalami pukulan besar pada 2008 akibat skandal keamanan pangan.

Perhiasan dan jam tangan

Most popular items Chinese shoppers buy overseas

Seorang pembeli mencoba jam tangan di duty-free shop di Sanya, provinsi Hainan, 2012

Selama beberapa tahun terakhir, permintaan untuk barang mewah meningkat cepat di Tiongkok, meski pasar mewah anjlok di banyak negara maju akibat krisis keuangan global. Tertekannya mata uang asing juga memberi kontribusi pada naiknya permintaan produk mewah.

Misalkan saja wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Rusia pada Desember 2014 naik 50% dibandingkan tahun sebelumnya,. Menurut Beijing Times, banyak wisatawan datang ke Rusia untuk membeli barang-barang mewah, seiring melemahnya nilai tukar Rubel. Mereka juga memburu perhiasan dan jam tangan mewah Swiss.

Parfum dan kosmetik

Most popular items Chinese shoppers buy overseas

Seorang turis Tiongkok membeli kosmetik di Bangkok, Thailand, 2014

Jumlah turis Tiongkok yang bepergian ke luar negeri diperkirakan telah melebihi lima juta orang selama liburan Festival Musim Semi kemarin. Hal ini didorong penguatan Yuan, kebijakan visa yang menguntungkan, peningkatan kekayaan dan permintaan untuk waktu luang yang berkualitas.

Selama pelesiran, pelbagai merek parfum dan kosmetik ternama pun tak lepas dari incaran para turis asal Negeri Panda ini.

Tas desainer dan pakaian

Most popular items Chinese shoppers buy overseas

Seorang staf merapikan tas di etalase toko di Hangzhou, Zhejiang, 2013

Tas dan pakaian buatan desainer selalu populer di kalangan pembeli Tiongkok  di toko bebas bea luar negeri. Peningkatan standar hidup telah memberikan kontribusi terhadap meningkatnya permintaan untuk produk yang lebih baik.

Penelitian oleh KPMG pada 2013 juga menunjukkan 72% dari Tiongkok  yang bepergian ke luar negeri mengatakan mereka membeli barang-barang mewah.