Bayi Tidur Nyaman, Anda Tenang [google]

Bayi Tidur Nyaman, Anda Tenang

PinkKorset.com – Tidur malam Anda tak tenang karena mengkhawatirkan si kecil? Tak perlu risau, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah.

Sederhana saja. Jika tidur si kecil nyaman dan nyenyak, Anda juga akan merasa demikian. Apalagi jika Anda berharap bisa tidur saat dia juga terlelap. Menyanyikan nina bobo saja tidak cukup.

Tempat Tidur

Gunakan kasur yang keras. Permukaan lembut, seperti sofa, malah berbahaya karena bisa berpotensi menyebabkan kematian mendadak pada bayi alias sudden infant death syndrome (SIDS) serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan bayi tidur.

Gunakan tempat tidur atau boks bayi. Tempat duduk mobil (car seat), ayunan atau keranjang bayi bukanlah tempat tidur sehari-hari untuknya. Juga, hanya letakkan sprei di atas tempat tidurnya. Mainan atau terlalu banyak bantal akan membatasi gerakannya.

Awasi Dari Jarak ‘Aman’

Menyenangkan memang memeluk si kecil saat sedang tidur. Tapi sayangnya, kadang hal ini berbahaya. Misalnya Anda terlalu lelap dan tak sengaja menindihnya atau menyebabkan wajahnya tertutup selimut. Intinya, beri dia ruang tidurnya.

Namun begitu, Anda harus tetap bisa mengawasinya. Misalnya meletakkan boks si kecil di kamar Anda atau menggunakan monitor bayi (baby monitor). Hal ini amat penting untuk memastikan tidurnya nyenyak.

Kenyamanan Diri

Ada baiknya mengenakan piyama one piece agar ia nyaman dan hangat. Jika terlalu panas, tidurnya takkan nyenyak. Ini juga berarti Anda harus memeriksa suhu di kamarnya. Jangan mengira tubuh kecilnya tak bisa merasa kepanasan.

Selalu posisikan terlentang. Tidur tengkurap banyak menyebabkan SIDS. Bayi tak bisa mengangkat kepalanya sendiri, jadi Anda harus pastikan pernapasannya tak terhambat.