Belanja Hewan Kurban di Mall

PinkKorset.com, Jakarta – Berburu hewan kurban kini lebih nyaman, karena bisa dilakukan di tempat seperti mall.

Mall?

Mall yang dimaksud tentu bukan mall seperti bayangan Anda yakni pusat perbelanjaan berpendingin ruangan.

Mall Hewan Kurban (MHK) disini adalah tempat penjualan hewan kurban milik Haji Ramdoni, yang berlokasi di di Depok, Jawa Barat. 

Tempat ini menyuguhkan gaya belanja layaknya di sebuah mall. Barisan sales promotion girl (SPG) berparas cantik siap melayani pembeli di MHK. Para SPG yang disebut dengan Ladies Cowboy merupakan bagian dari strategi marketing MHK.

“Kita pakai SPG karena konsepnya mall. Ide ini terinspirasi dari tenaga kerja perempuan yang menjual sapi di Australia,” kata Haji Ramdoni, pemilik MHK kepada Pinkkorset.com di Depok, Selasa (22/9/2015).

hewan-kurban

H. Doni mendirikan MHK sejak 2007 dan mulai menerapkan Ladies Cowboy pada 2009.

Bila tahun lalu hanya memanfaatkan empat SPG, tahun ini justru jumlahnya ditingkatkan menjadi enam orang. “Tahun ini menghadapi customer yang banyak. Jadi SPG ditambah dua orang,” katanya.

Ia tidak mengambil SPG freelance melainkan staf-stafnya sendiri. Mereka merupakan karyawan dari beberapa lini usahanya yang bergerak di bidang rumah potong hewan (RPH), otomotif, dan properti.

“Adanya SPG tidak mempengaruhi pendapatan MHK secara signifikan. Tapi, SPG sangat membantu pembeli,” katanya.

Selain pengetahuan hewan kurban, masing-masing SPG dibekali sebuah komputer tablet (iPad). “Kami sudah pakai tablet dari 2010. Kami pakai sistem untuk mendata sapi ribuan sapi,” ucapnya.

Setiap iPad terhubung WIFI untuk mengakses portal sistem database berisi data-data hewan kurban MHK.

Setiap hewan kurban ditandai dengan nomor maupun RFID yang terpasang di kuping. Melalui nomor tersebut, para SPG dapat mengolah data dengan sistem tersebut.

Hasil olah data akan menunjukkan jenis, ketersediaan dan harga hewan kurban.

Menurutnya, strategi marketing tidak bertumpu hanya pada SPG saja. Semua hewan kurban sudah diasuransikan dan sudah termasuk perawatan dan ongkos kirim.

“Asuransi dari kami pribadi. Kalau terjadi sesuatu, misal kaki patah atau mati akan kami ganti sapi baru atau bisa diganti uang,” katanya.

Layaknya sebuah mall, MHK yang berlokasi di Jalan Akses UI No. 89 A, Kelapa Dua, Depok, Cimanggis, Jawa Barat ini menyediakan kemudahan pembayaran melalui kartu debit dan kartu kredit.

MHK merupakan salah satu usaha musiman milik Doni yang menjual hewan kurban dengan memanfaatkan showroom mobil miliknya. Satu tahun sekali, deretan mobil disulap menjadi “rumah” ratusan ekor sapi.

Doni juga memiliki tiga tempat penjualan hewan kurban dengan skala lebih rendah dari MHK yang berlokasi di Lapangan Futsal Kelapa Dua, RPH Tapos dan Cisalak.