Bemby Noor, Dalang di Balik Lagu-lagu Hits

PinkKorset.com – Lagu-lagunya yang easy listening dinyanyikan oleh banyak penyanyi terkenal dan memuncaki tangga lagu tanah air.

Anda pasti sudah tidak asing dengan lagu ‘Dia Dia Dia’, ‘Wajahmu Mengalihkan Duniaku’, ‘Datang dan Kembali’, ‘Love Is You’, ‘Diam Diam Suka’, ‘Dua Cinta Satu Hati’ dan ‘Buktikan’.

Semua lagu yang diciptakan oleh Bemby Noor ini dinyanyikan oleh penyanyi terkenal tanah air yakni, Afgan, Vidi Aldiano, Cherrybelle, Calvin Jeremy dan Dewi Sandra.

Bemby memulai sebagai pencipta lagu profesional sejak 2007 silam. Dewi Sandra adalah klien pertamanya. “Saya membuat lagu untuknya di album berjudul Star,” ucap laki-laki sekaligus keponakan Chrisye di Locanda Resto, Jakarta Selatan, Senin (12/1/2015).

Setelah itu, ia mulai diminta membuat lagu untuk Sheila Majid feat Chandra, Hedi Yunus dan Memes. Dari situ, karier Bemby semakin berkembang dan mulai banyak kenalan dari penyanyi-penyanyi muda, seperti, Afgan, Vidi Aldiano, Cherrybelle.

“Terakhir, saya berkesempatan membuat lagu untuk Gigi Band yang berjudul ‘Tak Lagi Percaya’. Lagu ini terpilih menjadi single pertamanya,” ujar lelaki kelahiran 16 November 1982 ini.

Selama berprofesi sebagai pencipta lagu, pengalaman paling berkesan adalah lagu ‘Jodoh Pasti Bertemu’ yang dinyanyikan Afgan. Selain proses rekamannya cepat, Afgan bisa bawakan lagu itu sampai negeri seberang. “Sampai akhirnya jadi sound  track lagu disana dan apresiasinya bagus sekali,” katanya.

Sebagai pengarang lagu, kesulitan yang kerap dijumpai adalah mencocokan lagu sesuai dengan karakter klien dan bisa diterima baik oleh pasar musik.

“Saya harus bertindak sebagai produser/arranger, saya jadikan lagu itu sebagai kapabilitas. Kadang selera klien dengan kapabilitas tidak sinkron. Saya harus ciptakan lagu itu nyaman dibawakan penyanyi,” katanya.

Baginya lagu-lagu itu muncul begitu saja. “Saya tidak mengundang inspirasi, tapi inspirasi datang sendiri. Inspirasi itu berkah, ketika datang harus disyukuri,” ucap Bemby.

Hampir semua genre lagu bisa dibuat olehnya, tapi yang belum pernah diciptakan adalah dangdut. “Saya berharap ada yang mau dibuatkan dangdut. Itu tantangan buat saya,” ujarnya sambil tertawa.

Tidak menolak penyanyi pendatang baru

Banyak penyanyi tenar yang kepincut dengan karyanya. Sebut saja Fariz RM, Sammy Simorangkir, dan Duo Arka. Bahkan kini Bemby sedang menggarap lagu baru untuk Rossa, Blink dan Maudy Ayunda.

Kendati banyak ’pesanan’, Bemby tidak menolak membuatkan lagu untuk penyanyi pendatang baru. Salah satunya adalah Kiki Latranita. Perempuan kelahiran 24 Januari 1982 ini baru saja meluncurkan single pertama berjudul ’Terus Terang Cinta’ yang secara khusus diciptakan oleh Bemby.

“Saya memilih Bemby Noor karena lagunya enak,” ujar Kiki.

Bemby Noor, Dalang di Balik Lagu-lagu Hits

[Kiki Latranita]

Menurut Kiki, lagu ini menceritakan seorang perempuan yang naksir kepada teman laki-lakinya namun tak terungkapkan.”Musiknya easylistening dengan nuansa beat agak cepat. Mudah-mudahan lagu ini bisa diterima pecinta musik Indonesia,” katanya.

Guru matematika yang juga wedding singer ini tampaknya serius dengan cita-citanya sebagai penyanyi. Ia berencana membuat album yang dirilis antara bulan Juli-September 2015. ”Saya akan menggandeng Bemby Noor, Pongki Barata dan Tito Sumarsono untuk menciptakan lagu di album ini,” ujarnya..