Chevrolet Trax Raih Mobil Paling Aman

PinkKorset.com – Chevrolet Trax dan Buick Encore meraih label tingkat keamanan tertinggi (Top Safety Pick).

Mobil small crossover keluaran General Motors (GM) ini mendapat penghargaan dari lembaga Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Ini merupakan penghargaan perdana bagi Buick Encore, yang telah dipasarkan di Amerika Serikat (AS) sejak 2013 lalu dan diprediksi akan mendongkrak penjualan Chevrolet Trax ke depannya.

Buick sebelumnya mendapatkan angka rendah untuk rating Top Safety Pick dengan nilai ‘buruk’, khususnya untuk benturan frontal dengan benda kecil.

Tes ini dilakukan untuk menduplikasi kejadian tabrakan dengan mobil lain yang berasal dari sudut depan, dengan obyek seperti tiang listrik atau sebuah pohon. Perbaikan secara struktural yang mendasar pada Buick Encore adalah pada chasis yang kini menjadi lebih kokoh.

Sementara itu, Trax meraih nilai ‘bagus’ untuk tes small-overlap.

Encore dan Trax meraih skor yang sama pada empat kategori tes lainnya.

Bagaimanapun, ranking Top Safety Pick masih di bawah Top Safety Pick +, yang merupakan nilai tertinggi pada tingkat keamanan produk mobil dengan tes automatic-braking system yang dapat memperlambat kendaraan tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi.

Sistem ini tidak dimiliki oleh Encore dan hanya menerima hasil tes ‘dasar’ dari IIHS. Sedangkan Trax tidak memiliki fitur automatic braking.

Sebelumnya kedua mobil ini meraih skor lima bintang dari lembaga National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Pencapaian ini diperoleh dari tes benturan frontal dan samping serta empat bintang untuk tes berguling.

Desain bodi, interior dan komponen mobil Encore dan Trax identik dan mirip dengan hatchback dan sedan Chevrolet Sonic. Keduanya dilengkapi mesin 1.4-liter turbocharged empat silinder dan transmisi otomatis enam percepatan dengan standar penggerak roda depan atau pilihan all-wheel drive.