Diabetes Lebih Bahaya Pada Perempuan [timeanddate]

Diabetes Lebih Bahaya Pada Perempuan

PinkKorset.com – Berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini, diabetes tipe 1 lebih berbahaya jika diderita perempuan, ketimbang laki-laki.

Studi tersebut menemukan, pasien wanita memiliki 40% potensi resiko kematian dan dua kali berpotensi menderita sakit jantung dibandingkan lelaki dengan kondisi sama.

Para peneliti Universitas Queensland di Australia menganalisa data dari 26 studi yang melibatkan lebih dari 200 ribu lelaki dan perempuan penderita diabetes tipe 1.

Studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet Diabetes & Endocrinology ini juga menemukan, perempuan dengan kondisi itu kemungkinan terkena stroke dan memiliki resiko 44% meninggal akibat kanker hati.

Ketua studi Professor Rachel Huxley mengatakan, pihaknya sudah mengetahui bahwa orang-orang yang menderita diabetes tipe 1 memiliki umur hidup yang lebih pendek dibandingkan dengan populasi secara umum.

“Akan tetapi, studi ini dapat membuktikan bahwa untuk pertama kalinya resiko kematian terhadap perempuan lebih besar dibandingkan laki-laki,” ulasnya.

Ini juga menunjukkan, perempuan dengan diabetes tipe 1 memiliki resiko kesulitan dalam manajemen insulin dan kontrol glikemik di dalam tubuhnya dibandingkan lelaki.

Masalah ini berkontribusi dalam peningkatan risiko sakit jantung. Akan tetapi, masih dibutuhkan, riset lanjutan untuk memastikan mengapa resiko pada penyakit ini lebih besar pada perempuan.

Huxley menambahkan, diabetes tipe 1 tidak memiliki hubungan dengan peningkatan reskiko kematian dari kanker di dua gender yang berbeda.