Duh, Satu Miliar Orang Bakal Buta! [sheknows]

Duh, Satu Miliar Orang Bakal Buta!

PinkKorset.com – Sebuah penelitian mengungkap, sekitar satu miliar orang akan mengalami kebutaan pada 2050 mendatang. Waduh!

Para peneliti dari Universitas New South Wales di Australia mengungkapkan, anak-anak sebaiknya menghabiskan waktu di luar rumah minimal dua jam sehari untuk menyelamatkan penglihatan mereka.

Semiliar manusia diprediksi mengalami buta pada 2050 karena orang-orang lebih banyak melihat layar elektronik, seperti televisi, komputer, dan gadget, yang menyebabkan gangguan pengelihatan jarak dekat.

Sekitar lima miliar orang diprediksi menderita gangguan pengelihatan jarak dekat dan seperlima diantaranya kemungkinan memiliki potensi kehilangan penglihatan.

Ketua tim riset, Profesor Kovin Naidoo dari Universitas New South Wales meminta seluruh dunia, termasuk pemerintah dan lembaga kesehatan, organisasi masyarakat, hingga para orang tua dan institusi pendidikan, memperhatikan imbauannya.

“Lindunga kesehatan anak-anak dan orang dewasa dalam melawan kebutaan,” ujar Profesor Naidoo.

Ini karena gaya hidup manusia jaman sekarang yang cenderung menghabiskan waktu di dalam ruangan dan lebih banyak melihat layar elektronik.

Padahal, udara segar merupakan kebutuhan krusial dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, Anda juga harus rajin berkonsultasi medis dengan ahli mata.

Kovin menambahkan, sebaiknya semua orang peduli dan mewaspadai hasil penelitian ini. Ia juga mengatakan, ahli mata sebaiknya memiliki perlengkapan yang lebih baik dalam menangani pasien.

Miopi atau rabun jauh menjadi salah satu jenis penyakit mata yang diidap banyak orang Asia Timur seperti Singapura, Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Jepang, dan Korea. Prevelansi dari penderitanya adalah 80-90%.

Sementara itu, data dari negara-negara barat seperti Amerika Serikat (AS) menyebutkan, angka orang dewasa penderita penyakit mata dalam tiga dekade terakhir naik dari 24% di 1970-an menjadi 42% di 2004.

“Para orang tua sebaiknya memastikan buah hatinya bermain di luar rumah minimal dua jam dalam sehari. Tidak (selalu) melihat layar gadget atau bermain video game konsol agar kesehatan mata dapat dijaga sampai usia lanjut,” ujar Kovin.