Empat Tahun, Rakuten Tumbuh Tiga Digit [rakuten]

Empat Tahun, Rakuten Tumbuh Tiga Digit

PinkKorset.com, Jakarta – Empat tahun di Tanah Air, pertumbuhan Rakuten Indonesia mencapai tiga digit. Ini sekaligus memacu Rakuten untuk terus memberdayakan pelaku UKM di Nusantara.

Di sela-sela penyelenggaraan Rakuten Expo 2015 bertema Beyond sekaligus memperingati ulang tahun keempat, Rakuten Belanja Online (RBO) Indonesia mengumumkan pencapaian pertumbuhan tiga digit.

Di tahun keempat RBO Indonesia, penjualan produk bruto pada April tumbuh 204,7% per tahun (YoY), pemesanan tumbuh 182,7% YoY, pembeli baru tumbuh 243,2% dan penjualan produk bruto dari aplikasi mobile tumbuh 229,6%.

“Pertumbuhan 3 digit kami didorong pasar e-commerce,” kata Yasunobu Hashimoto, Direktur Rakuten Belanja Online dijumpai di Rakuten Expo 2015 di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Penjualan terbantu para pengguna internet di Indonesia yang lebih dari 80 juta orang per akhir 2014. Angka ini jauh dibandingkan saat pertama kali hadir di Indonesia empat tahun lalu yang berjumlah lebih dari 40 juta orang.

Sementara itu, RBO juga memberdayakan ekonomi Indonesia melalui program MicroB yang diimplementasikan dengan seminar e-commerce kepada para pelaku UKM sejak 2013.

Sebanyak seribu pelaku UKM telah bergabung dengan RBO. Mereka berasal dari 13 provinsi di Indonesia, termasuk DKI Jakarta (39,3%), Jawa Barat (16,40%), Jawa Timur (15,2%), Jawa Tengah (7,4%), banten (5,3%), Sumatera Utara (3,4%), Yogyakarta (2,4%), Bali (1,8%) dan Sumatera Selatan (1,5%).

“Indonesia masih merupakan salah satu pasar paling potensial untuk e-commerce di Asia. Kami berharap program MicroB memberikan kontribusi membangun populasi pedagang e-commerce dari segmen UKM di Indonesia,” pungkasnya.