Hal-hal Ini Merenggangkan Persahabatan [rappler]

Hal-hal Ini Merenggangkan Persahabatan

PinkKorset.com – Beberapa ‘tingkah’ Anda disadari atau tidak, kerap memutuskan tali persahabatan.

Mungkin saja Anda pernah lupa hari ulang tahunnya, atau menggoda mantan kekasihnya. (Baca : Anda Penyebab Putusnya Tali Persahabatan?)

Apa saja kesalahan yang mungkin Anda lakukan dan bagaimana memulihkan kembali hubungan dengan sahabat?

Kesalahan 4 : Anda tidak ada di sisinya pada saat genting

Jangan membuat alasan atau pembenaran seperti ‘saya begitu sibuk bulan itu’. Selain  terkesan mengabaikan perasaan, hal ini seakan menunjukkan bahwa hidup Anda lebih penting daripada teman Anda,” ujar Elaine Zelley, PhD, profesor asosiasi komunikasi di LaSalle Universitas, Philadelphia.

Sebaliknya, lanjut Elaine, akui bahwa Anda memang sempat meninggalkannya dan betapa Anda menyesal atas ketidakhadiran Anda saat itu.

Tanyakan dengan rendah hati dan tulus, jika ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih baik. Kemudian biarkan hal itu berlalu. Situasi ini tergantung pada betapa kecewanya teman Anda, dan berapa banyak dukungan lain yang ia miliki saat itu.  Memanbg diperlukan waktu untuk memulihkan persahabatan Anda kembali sepenuhnya.

Kesalahan 5 : Anda terlambat datang ketika sudah membuat janji

Tentu saja Anda harus minta maaf. Tawarkan pula sesuatu untuk meredakan kekesalannya, seperti mentraktir makan siang. Jika terlambat adalah masalah yang berulang, “Anda seakan memberi pesan bahwa waktu Anda lebih berharga daripada dirinya,” ujar  Irene Levine, PhD, profesor psikiatri di New York University School of Medicine.

Kebiasaan terlambat yang kronis dapat merusak persahabatan. Akui bahwa Anda lah yang memiliki masalah dengan ketepatan waktu. Tidak ada masalah dengan teman Anda.

Cari solusi bersama-sama, seperti membuat janji bertemu yang lebih nyaman. (Misalkan saja di toko buku atau restoran, ketimbang di pinggir jalan). Bisa juga bertemu di rumah Anda sebagai gantinya.

Kesalahan 6 : Anda tidak menelepon balik, hingga berbulan-bulan

Jangan terus menunda meneleponnya. Lakukan sekarang. Jika Anda benar-benar tidak punya alasan, bolehlah Anda sesekali menggunakan kesibukan kerja atau keluarga sebagai alasan. “Kebohongan putih bisa dilakukan untuk situasi ini,” ujar Irene.

Lakukan percakapan dengan singkat namun manis, kemudian langsung ke intinya, yakni berbagi kabar.

Ingat juga, bahwa persahabatan yang berbeda memiliki kecepatan berbeda. Jika ini adalah tipe persahabatan yang mengandalkan telepon sebagai komunikasi, mungkin persahabatan Anda tidak terlalu hangat.

Kesalahan 7 : Anda tidak memberitahunya ketika ia melakukan sesuatu yang menyakitkan Anda

“Jika teman melakukan perbuatan buruk sesekali yang tidak mungkin terjadi lagi, pertimbangkan manfaat menceritakan kepadanya tentang sakit hati Anda,” kata Elaine Zelley.

Ia menyarankan untuk mengungkapkan sakit hati, bila ada manfaatnya. Karena tingkat kepercayaan dan pemahaman dalam persahabatan, melebihi segala perasaan negatif. Pilihan lainnya adalah Anda membuat jarak dalam persahabatan Anda.

Namun, bila apa yang ia lakukan begitu menyakitkan dan Anda tidak yakin dapat menghabiskan waktu dengannya tanpa teringat masalah itu, bicarakan dengannya.

Buatlah sederhana, contoh: “Saya tidak sengaja mendengar Anda berbicara dengan Gina tentang masalah ketidaksuburan saya. Padahal saya sudah minta hal tersebut dirahasiakan.”

Beri ia kesempatan untuk meminta maaf, dan lihat apakah Anda bisa mempercayainya kembali.