Hibah Rp1,26 M Untuk Pendidikan

PinkKorset.com, Jakarta – Demi meningkatkan pendidikan, Tanoto Foundation menghibahkan dana senilai US$ 100.000 (Rp 1,26 miliar).

Tanoto Foundation bekerja sama dengan UNICEF Indonesia mendukung program Sekolah Satu Atap (SATAP) pemerintah.

Dana ini ditujukan untuk pembangunan sekolah, menigkatkan kapasitas guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran serta mengurangi jumlah anak tidak sekolah.di Bondowoso, Jawa Timur dan Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

SATAP adalah program Pemerintah Indonesia tahun 2005 yang bertujuan membantu peralihan pendidikan dari tingkat SD ke SMP agar lebih mudah dan biaya terjangkau.

Sihol Aritonang, Ketua Pengurus Tanoto Foundation mengatakan, kerjasama dengan UNICEF dilakukan karena ada kesesuaian visi, yakni mengentaskan kemiskinan dari sektor pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Pada 2002, Angka Partisipasi Murni tingkat SD mencapai 95% dan SMP masih 77%. Sebanyak 1,6 juta anak usia 13-15 tahun tidak bersekolah di tingkat SMP dan satu juta diantaranya berada di pedesaan.

“Ini tantangan untuk kami karena masalahnya terletak pada kompetensi guru, kelayakan infrastruktur, relevansi kurikulum dan ketersediaan guru,” katanya pada peresmian kerjasama Tanoto Foundation dan UNICEF Indonesia di Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Tanoto Foundation pun akan membantu SATAP binaannya untuk 11 sekolah di Riau dan 7 sekolah di Jambi.

Nabendra Dahal, Kepala Pendidikan UNICEF Indonesia menjelaskan, anak-anak Indonesia perlu diberdayakan dengan pendidikan berkualitas dan keadilan setiap anak untuk mendapatkan pendidikan.

Nabendra meyakini bahwa 10-15 tahun ke depan, Indonesia akan menjadi salah satu negara kaya di dunia karean penduduk usia muda Indonesia meningkat dan justru terjadi sebaliknya di China dan India. “Namun untuk mencapai itu diperlukan pemimpin muda yang kreatif dan inovatif.”

Tanoto Foundation adalah yayasan amal yang didirikan oleh pengusaha Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto sejak 2001. Yayasan ini telah memiliki lebih dari 200 sekolah, 3000 guru dan 206 perpustakaan.

Tanoto Foundation juga memberikan beasiswa dan bekerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia, China, Singapura dan Amerika Serikat. Lebih dari 3.500 beasiswa digelontorkan sejak 2006. Tahun ini, 230 beasiswa dikeluarkan dan diperebutkan oleh 12.000 pelamar beasiswa.