Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

PinkKorset.com – Sang buah hati memang belum waktunya masuk sekolah. Tapi, ada baiknya orangtua mempersiapkan dana pendidikannya sejak dini. Terutama agar bisa memilihkan sekolah yang terbaik.

Berikut langkah-langkah untuk merencanakan pendidikan anak:

1. Tentukan sekolah mana yang ingin dituju, standar lokal atau internasional. Hitung kebutuhan biaya saat ini dan kebutuhan biaya saat sekolah, dengan memasukkan inflasi sebesar 10 – 15 persen per tahun. Lakukan riset atau tanyakan kepada perencana keuangan.

2. Periksa kembali tabungan atau investasi yang sudah Anda persiapkan. Jika dananya belum cukup atau bahkan belum ada sama sekali, saat ini bisa mulai mempersiapkan.

3. Sesuaikan produk keuangan yang dipilih dengan jangka waktu kebutuhannya, karena masing-masing produk keuangan memiliki karakter dan fungsi berbeda. Misalnya, produk reksadana saham bisa digunakan untuk memenuhi tujuan dana kuliah anak yang jangka waktunya masih lebih dari 10 tahun dari sekarang, tapi produk ini tidak sesuai memenuhi dana pendidikan jangka pendek untuk anak yang akan kuliah 3 tahun lagi.

4. Beli proteksi asuransi jiwa murni, untuk memberikan jaminan apabila kepala keluarga meninggal dunia dan tidak dapat meneruskan investasi.