Ini Cara Agar Otak Awet Muda [gizmag]

Ini Cara Agar Otak Awet Muda

PinkKorset.com – Sayuran yang satu ini jika Anda konsumsi tiap hari, diyakini mampu membuat otak sebelas tahun lebih muda. Sayur apa?

Si pelaut Popeye makan bayam agar kuat. Mungkin ia tak tahu bahwa otaknya juga awet muda. Ya, sayur bayam diyakini mampu membuat otak Anda lebih muda.

Konsumsi harian bayam, atau bahkan sayur hijau lainnya, bisa memperlambat proses penuaan serta mencegah penurunan kognitif.

Ini karena kandungan vitamin K yang terdapat pada sayuran, berdasarkan penelitian yang dilakukan tim riset Rush University di Chicago, Amerika Serikat.

Periset melacak diet partisipan dengan usia rata-rata 81 tahun, selama kurang lebih lima tahun. Mereka yang mengonsumsi sayur setiap hari memiliki kemampuan kognitif 11 tahun lebih muda.

Selain bayam, sayur seperti kale dan kerabatnya, collards, serta mustar hijau diyakini memiliki kemampuan memperlambat penuaan otak.

Studi sebelumnya menemukan, kandungan folat dan beta-karoten adalah yang berperan besar dalam meningkatkan kemampuan otak.

Namun studi kali ini juga mengevaluasi keuntungan konsumsi vitamin K bagi otak. Hal tersebut seperti diungkapkan Martha Clare Morris, Sc.D, pemimpin tim riset ini.

“Belum ada studi lain yang melihat hubungan vitamin K dengan kemampuan kognitif. Hanya sedikit yang menemukan hubungannya dengan lutein,” kata Morris.

Tim ini juga meyakini, makanan lain yang mengandung banyak nutrisi tersebut seperti asparagus, brussels sprouts, dan wortel juga memiliki keuntungan yang sama.

Mereka masih berusaha memperluas cakupan riset ini untuk mencari keuntungan lain dari konsumsi sayuran secara teratur.

“Penurunan kognitif erat hubungannya dengan penyakit Alzheimer dan demensia. Meningkatkan konsumsi sayur hijau bisa jadi cara yang mudah dan murah untuk melindungi otak,” lanjutnya