Jeans Pun Ikut Ramah Lingkungan [Patagonia – Women’s Denim]

Jeans Pun Ikut Ramah Lingkungan

PinkKorset.com – Label ramah lingkungan memang sedang menjadi tren. Tidak hanya makanan, gedung, kendaraan, namun juga busana denim, seperti celana jeans.

Celana jeans?

Ya. Merek Patagonia baru saja meluncurkan lini produk denim ramah lingkungan. Produk baru ini dirancang untuk mengurangi dampak negatif yang disebabkan bisnis produk celana jeans.

Koleksi teranyar ini diklaim menggunakan 100% katun organik, zat pewarna berkategori ramah lingkungan dan proses penjahitan bersertifikat Fair Trade.

Sertifikasi berskala internasional ini  memastikan produk sudah memenuhi beberapa standar utama, seperti standar sosial, ekonomi, lingkungan dan pekerja.

Sedangkan penggunaan zat pewarna berkategori ramah lingkungan, akan memudahkan zat kimia tersebut tercampur dengan bahan katun.

Berlanjut pada proses pewarnaan, pembilasan, dan pencucian garmen yang menghemat air hingga 84%, menghemat energi hingga 30%, dan mengeluarkan residu karbon dioksida di bawah 25% bila dibandingkan metode tradisional.

patagonia,-eco-jeans

 

Helena Barbour, direktur bisnis sportswear Patagonia mengatakan, denim tradisional adalah bisnis yang tidak bersih dan higienis. “Ini membuat kami mengubah cara pembuatan celana jeans kami. Kami ingin menemukan alternatif solusi untuk menggunakan metode pewarnaan indigo yang pernah kami gunakan untuk menciptakan denim,” ujarnya.

Barbour menyatakan, pihaknya membutuhkan beberapa tahun untuk melakukan riset, inovasi, maupun uji trial and error. Inovasi ini pun diharapkan akan memberi langkah baru bagi produk denim. “Kami berharap produsen-produsen lain akan mengikuti langkah yang kami lakukan dan membantu untuk mengubah industri denim,” katanya.

Lini produk baru Patagonia hadir dalam tiga jenis celana untuk untuk perempuan, yakni straight fit, slim fit, dan boyfriend cropped dengan bahan campuran katun dan stretch. Tiga jenis celana ini dibanderol US$99 atau sekitar Rp1,3 juta.

Sedangkan untuk laki-laki, juga tersedia tiga jenis celana. Regular fit dan straight fit yang berbahan 100 persen katun dijual seharga US$99 (sekitar Rp 1,3 juta). Sedangkan performance straight fit dengan bahan campuran katun dan stretch seharga US$119 (Rp 1,5 juta).