Kaitan Polusi Udara dengan Penyakit Stroke [goredforwoman]

Kaitan Polusi Udara dengan Penyakit Stroke

PinkKorset.com – Para peneliti menyoroti hubungan misterius antara polusi udara dengan stroke, khususnya pada penderita yang tinggal di kota-kota besar.

Sebuah studi dilakukan para peneliti Harvard T.H. Chan School of Public Health dan Beth Israel Deaconess Medical Center antara 1995-2005melalui mesin magnetic resonance imaging (MRI).

Hasilnya, setiap dua mikrogram per kubik meter udara kotor, mengurangi 2,5 micron atau kurang dari (PM 2.5) volume otak. Penurunan hingga 0,32% dapat menjadi pemicu munculnya stroke dengan tingkat risiko hingga 46%.

“Kami menemukan, orang-orang yang hidup di daerah urban atau di sekitar kota-kota besar yang tingkat polusi udaranya lebih tinggi, akan berakibat menurunnya kinerja otak dan dapat menambah risiko terkena stroke,” ujar ketua tim peneliti Elissa H. Wilker.

“Tingkat penurunan kinerja otak yang kami observasi setara dengan pengurangan usia otak kurang lebih satu tahun,” ujar Wilker.

Kekurangan suplai darah ke otak akan berpengaruh terhadap tingkat memori dan tingkat kepekaan otak yang kemudian berpengaruh terhadap gejala stroke.

Menurut data lembaga kesehatan dunia WHO, sekitar tujuh juta orang meninggal dunia karena polusi udara pada 2012 silam. Sebanyak 40% diantaranya meninggal karena stroke.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal Stroke.