Lupa, Bukan Hanya Masalah Ingatan [womansworld]

Lupa, Bukan Hanya Masalah Ingatan

PinkKorset.com – Sulit mengingat dimana meletakkan kunci yang barusan Anda pegang, atau sudah lupa nama seseorang yang baru saja dikenalkan?

Lupa memang kerap dialami sebagian orang. Namun, kalau masih mudah dan segar, kok rasanya tidak pantas untuk lupa hal-hal kecil semacam ini.

Ahli syaraf Lisa Genova mengatakan, biasanya, Anda teringat lagi sesuatu yang terlupa tersebut, misalnya kunci, sejam kemudian.  Anda bisa jadi menemukannya di tempat yang aneh seperti lemari es atau kamar mandi.

Namun, ketika kunci tersebut ditemukan, Anda tidak bisa mengingat mau diapakan kunci itu.

“Nanti Anda baru ingat sejam kemudian saat sedang mengemudi menuju ke suatu tempat. Hal yang Anda lupakan itupun jadi sia-sia, tak sampai ke ujung lidah,” kata Lisa yang juga penulis buku Still Alice.

Apakah ini pertanda Anda pikun?

Bagi sebagian besar masyarakat, lupa hal-hal kecil alias memory slip ini bukan hal yang mengkhawatirkan. Setidaknya demikian menurut Lisa.

Ilmuwan yang bukunya diadaptasi menjadi film di Hollywood ini berujar, orang sehat berusia 25 tahun sekalipun bisa mengalaminya beberapa kali dalam sepekan.

Hal ini, tak selalu disebabkan oleh penurunan fungsi otak. Ini hanya berarti perhatian Anda ketika melakukan satu hal, teralihkan.

“Kita merasa ini masalah ingatan. Padahal sebenarnya, masalah perhatian (attention),” paparnya, dilansir Huffington Post.

Kesimpulannya, Anda kemungkinan sedang melakukan berbagai hal sekaligus sehingga tak benar-benar memperhatikan apa yang sedang dilakukan.

Hmm, merasa sering melakukannya?