Moleknya Dewi Yunani di Tangan Ivan Gunawan [PinkKorset]

Moleknya Dewi Yunani di Tangan Ivan Gunawan

PinkKorset.com, Jakarta  – Berawal dari kekhawatirannya menggunakan transportasi udara, Ivan Gunawan menelurkan karya indah di Indonesia Fashion Week 2015.

Thalassa adalah tema utama pagelaran busana Ivan Gunawan yang digelar pada Kamis (26/2/2015). Dalam mitologi Yunani, Thalassa adalah istri Dewa Posseidon yang juga disebut ‘Mother of Sea’. Thalassa pun berarti laut atau samudera.

Bagi Ivan, koleksi kali ini cukup unik, karena 100 persen dirancang di atas pesawat. “Semenjak kecelakaan Air Asia saya jadi trauma. Sepanjang perjalanan Jakarta-Medan, saya melihat awan dan laut. Memandangi laut dari kejauhan di atas pesawat itu memicu inspirasi saya, dan muncullah ide untuk Thalassa,” ujarnya.

Menurutnya, selain biru, laut juga memiliki warna lain seperti abu-abu, hijau dan putih. “Kalau liat dari atas laut itu warnanya abu-abu. Kalau masuk ke laut, kita lihat pemandangan bawah laut yang hijau dan putih sebagai pasirnya,” katanya.

Keanggunan dan kecantikan Thalassa, digambarkan melalui gaun bersiluet longgar, dengan aksen kerang dan coral yang terbuat dari material lace.

Material ringan transparan seperti organdi, tulle, lace, sifon mendominasi koleksi gaun yang terdiri dari busana ready to wear deluxe untuk perempuan dan lelaki.

Karakter street dan edgy ditampilkan dalam busana khusus lelaki yang digambarkan dalam jaket bomber dan juga celana pendek. Sementara kesan glamour melekat pada setiap gaun, terutama dengan penggunaan material sequin, lace dan ruffle.

Aksesoris kepala yang terinspirasi dari gelombang dan warna-warna laut juga memperkuat kesan laut. Demikian juga penggunaan bulu halus, mutiara dan kerang.

Untuk memaksimalkan penampilan kali ini, Ivan menggarap musik pengiring sendiri. ”Nyanyiannya tentang ratapan. Suara khas nusantara oleh Mbak Ubiet. Kesedihan, rasa ketakutan dan harapan saya gambarkan dengan garis tegas yang saya sampaikan,” ujarnya.