Ngemil Tengah Malam, Bukan Salah Anda [google]

Ngemil Tengah Malam, Bukan Salah Anda

PinkKorset.com – Jika tengah malam Anda merasa lapar dan tidak bisa berhenti ngemil, jangan merasa bersalah.

Munculnya perasaan itu mungkin bukan salah Anda.

Penelitian yang dilakukan Brigham Young University, Amerika Serikat menemukan bahwa di malam hari, Anda tidak bisa memperoleh makanan yang mengenyangkan, seperti yang bisa didapatkan pada siang hari. Itulah yang membuat seseorang tidak bisa berhenti ngemil saat tengah malam.

Para peneliti menggunakan scan MRI untuk mengukur seberapa otak manusia menanggapi gambar makanan berkalori tinggi dan berkalori rendah pada waktu yang berbeda di hari yang sama.

Dalam riset yang dipublikasikan di jurnal Brain Imaging and Behavior, para peserta diminta untuk melihat 360 gambar makanan, sambil dipindai dengan scanner MRI. Penelitian ini dilakukan dalam dua sesi terpisah, yang berjarak sepekan.

Satu sesi diadakan di pagi hari dan sesi lain di malam hari.

Para peserta melihat makanan rendah kalori seperti sayuran, buah-buahan, ikan dan biji-bijian, serta makanan tinggi kalori seperti permen, es krim dan kue-kue.

Mereka menemukan bahwa gambar makanan, terutama yang mengandung kalori tinggi, dapat menstimulasi aktivitas otak. Namun respon saraf akan lebih rendah di malam hari.

Para peserta studi juga melaporkan bahwa mereka lebih sibuk menyiapkan makanan di malam hari, meskipun tingkat lapar dan kenyang serupa saat siang hari.

Salah seorang peneliti, Travis Masterson mengatakan, seseorang mungkin mengudap camilan berlebih di malam hari karena makanan tidak mengenyangkan, setidaknya secara visual, pada saat itu.

“Makan di malam hari bisa jadi tidak memuaskan, sehingga Anda cenderung makan lebih banyak untuk mencoba mendapatkan rasa puas.”

Travis Masterson mengaku saat ini menggunakan hasil penelitiannya untuk membantunya menghindari aktivitas ngemil di tengah malam.

“Saya mengatakan pada diri sendiri, (ngemil di malam hari) tidak mungkin memuaskan seperti sebagaimana seharusnya. Ini membantu saya menghindari ngemil terlalu banyak di malam hari.”