Nikmatnya Coffee Blend Ala Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Jangan sebut Anda pecinta kopi bila belum mencicipi racikan kopi kombinasi dari berbagai daerah di Tanah Air.

Ya. Beberapa tahun terakhir, kopi Indonesia memang dinikmati masyarakat. Tak heran bila banyak kafe berlomba-lomba menyajikan kopi khas dari satu perkebunan (single origin coffee) pelbagai daerah di Indonesia.

Begitu pula dengan J.Co Indonesia yang mengangkat cita rasa kopi Indonesia melalui produk teranyarnya, J.Coffee Blend – Garuda Series.

Produk ini merupakan coffee blend yang mengombinasikan tiga single origin coffee tipe Arabika dari tiga wilayah perkebunan Indonesia, yakni Kopi Mandailing (Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara), Kopi Lintong (Lintong Nihuta, Sumatera Utara) dan Kopi East Java (Jawa).

Ketiga kopi ini dipilih karena memiliki karakter yang khas. Seperti Kopi Mandailing yang dikenal karena kekentalannya dan after taste cokelat. Kopi Lintong dengan kekentalan bagus, keasaman seimbang, rasa cokelat dan sedikit rempah. Sedangkan Kopi East Java terasa lembut dengan after taste herbal.

Alhasil, paduan ketiga kopi tersebut menciptakan cita rasa chocolaty – nutty – full body & low acidity.

Putra Andrean, Head of J.Coffee Specialist mengatakan, pemilihan tiga jenis kopi ini telah melalui proses yang panjang. “Kami menyeleksi dari 12 single origin coffee Indonesia dengan penelitian selama berbulan-bulan,” katanya saat press conference peluncuran J.Coffee Blend – Garuda Series di Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Untuk menjaga kualitas kopi, J.Co Indonesia secara khusus menyangrai sendiri biji kopi. Setelah disangrai, biji kopi langsung didistribusikan ke seluruh outlet J.Co di Indonesia. Hal ini untuk menjaga kesegaran kopi.

“Kami memiliki tempat menyangrai kopi dengan total produksi 10-15 ton biji kopi per bulan. Lokasinya di BSD, Tangerang,” ujarnya.

Dalam acara ini, J.Co Indonesia secara khusus mendatangkan Colin Harmon, Irish Barista Champion & Coffee Blend Expert asal Finlandia untuk mempraktikkan pembuatan cappuccino dari J.Coffee Blend – Garuda Series.

barista-jco

Seluruh outlet J.Co di Indonesia kini telah menyajikan cappuccino berbahan dasar J.Coffee Blend – Garuda Series. Tahun ini juga, J.Co juga akan menambahkan dua varian J.Coffee Blend.