Obesitas Versus Kurang Tidur [examinedexistence]

Obesitas Versus Kurang Tidur

PinkKorset.com – Kurang tidur memang bisa berujung obesitas alias kelebihan berat badan. Tahukah Anda bahwa kurang tidur 30 menit saja bakal menaikkan berat badan?

Riset sudah membuktikan, kurang tidur merupakan salah satu penyebab obesitas. Tapi kali ini terbukti, kurang tidur 30 menit sudah bisa menaikkan berat badan dan mempengaruhi gula darah.

“Jadi ini menguatkan riset sebelumnya,” kata Profesor Shahrad Taheri, pakar kesehatan di Weill Cornell Medical College di Doha, Qatar.

Taheri bersama timnya meriset 522 pasien yang mengidap diabetes melitus tipe dua. Para pasien ini diukur tinggi dan berat badannya untuk mencari tahu indeks massa tubuh (BMI) mereka.

Kemudian secara acak, partisipan dibagi jadi tiga kelompok dengan perbedaan pada perawatan, intervensi latihan, serta kombinasi intervensi latihan dan diet.

Jam tidur mereka dipantau selama sepekan. Hasil utamanya, 72% dari yang kurang tidur saat weekday cenderung mengidap obesitas ketimbang yang tidak.

Enam bulan kemudian, hubungan siginifikan antara kurang tidur dan obesitas serta sifat resistan terhadap insulin.

Setahun kemudian, setiap kekurangan 30 menit waktu tidur saat weekdays meningkatkan risiko obesitas dan resistan terhadap insulin sebanyak 17-39%.