Panjang Ideal Bulu Mata [nytimes]

Panjang Ideal Bulu Mata

Pinkkorset.com – Bulu mata indah dan lentik menjadi tren kecantikan sejak jaman Cleopatra. Tapi berapa sebenarnya panjang ideal bulu mata.

Menurut hasil riset yang dipublikasikan pekan kemarin di Jurnal Royal Society Interface, terungkap fungsi sebenarnya dari bulu mata dan panjang bulu mata ideal untuk memaksimalkan manfaat tersebut.

David Hu dari Institut Teknologi Georgia memulai penelitian mengenai bulu mata ini, setelah putrinya lahir tiga tahun. Ketika itu, ia bertanya-tanya mengapa putrinya terus mengedipkan kelopak matanya.

Ia pun kemudian mengajak beberapa mahasiswa dan koleganya untuk melakukan penelitian di lab biomekaniknya.

Menurutnya, bulu mata di sekitar mata mamalia sejak dulu selalu menjadi misteri. Di masa lalu, para ilmuwan memberikan penjelasan yang berbeda untuk keberadaan bulu mata,”Ada banyak pendapat, dari untuk menangkap debu hingga bertindak sebagai sensor untuk memicu mata berkedip saat ada obyek yang akan masuk ke dalam mata.”

Riset dilakukan terhadap bulu mata 22 mamalia yang sudah diawetkan di museum sejarah Amerika. Mereka mengukur panjang bulu mata dari mamalia tersebut. Kemudian menggunakan wadah air seukuran mata, dengan lingkaran jaring di sekitarnya untuk menggambarkan bulu mata.

Mereka pun menghembuskan angin melalui alat seperti kipas angin. Tes digunakan untuk mendapatkan model matematika bagaimana angin berhembus menerpa bulu mata dari berbagai arah. Ini adalah riset pertama tentang aerodinamis bulu mata.

Dengan tiga cara berbeda, ditemukan bahwa bulu mata pada mamalia 70% berfungsi untuk mengurangi penguapan air pada mata atau membantu mencegah mata kering. Selain mengurangi debu di mata.

Panjang bulu mata ideal

Hasil riset juga menyimpulkan, panjang bulu mata yang terbaik adalah sepertiga lebar mata. Hu bersama timnya menemukan bahwa berbagai jenis mamalia yang mereka teliti rata-rata memiliki panjang bulu mata sepertiga dari lebar mata.

Panjang bulu mata mamalia pada ukuran ini bekerja efektif sebagai pengalih angin yang akan masuk ke mata dan mengurangi tetesan air mata saat ada udara kencang yang masuk ke mata. Selain mencegah partikel-partikel sangat kecil yang dibawa udara menempel pada mata.

Jika bulu mata terlalu panjang, besar kemungkinan udara beserta partikel-partikelnya akan menempel di mata.