Radiasi Smartphone dan Bahaya Radikal Bebas [ibtimes]

Radiasi Smartphone dan Bahaya Radikal Bebas

PinkKorset.com, Jakarta – Radiasi bebas gelombang elektromagnetik memicu berbagai penyakit. Termasuk kemandulan pada laki-laki.

Radikal bebas tidak hanya ditemukan pada polusi, makanan tidak sehat dan sinar UV, tetapi juga radiasi smartphone. Radiasi smartphone (electromagnetic wave) dapat mengentalkan darah.

“Radiasi ini akan mengikat kolesterol sehingga menjadi berat, lalu mengendap di pembuluh darah,” kata Dr. Djoko Maryono DsPD, DsPJ, FIHA, FACC saat jumpa pers hemaviton Cardio di Jakarta, belum lama ini.

Pengentalan darah memicu penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah menyebabkan berbagai penyakit akibat suplai darah ke berbagai organ tubuh terganggu.

Gejala darah kental, antara lain sakit mata, sakit kepala, badan lemas, pusing, migrain, mudah mengantuk, anemia dan pegal-pegal

“Paparan radiasi ini sangat berbahaya bila menempatkan smartphone dekat kepala saat tidur. Apalagi ditaruh di bawah bantal,” ucap Dr. Djoko.

Untuk mengurangi efek radiasi, sebaiknya menjauhakn smartphone dari kepala saat tidur. Bila perlu mematikannya selama Anda tidur.Bahaya radiasi smatphone juga merugikan kaum Adam.

“Mengantongi handphone selama enam bulan (bisa) mengakibatkan sperma mati 60% atau mandul,” ucap konsultan kardiologi RS. Pondok Indah dan Siloam ini.

Paparan gelombang elektromagnetik tak hanya bersumber dari smartphone. Namun juga barang elektronik lainnya, seperti komputer, televisi dan microwave.