Restoran di Tiongkok Pungut Biaya Udara Bersih [examinerpost]

Restoran di Tiongkok Pungut Biaya Udara Bersih

PinkKorset.com, Beijing – Sebuah restoran di Tiongkok memungut biaya tambahan bagi pelanggan untuk udara bersih yang mereka sediakan.

Setiap pelanggan diharuskan membayar ekstra 1 yuan atau Rp4.200 sebagai biaya pemurnian udara yang dilakukan. Biaya ini di luar tagihanĀ  makanan dan minuman.

Restoran yang terletak di kota Zhangjiagang, Timur Tiongkok tersebut mulai mengenakan biaya setelah mereka memasang alat pembersih udara. Pemilik restoran diduga mencoba mengimbangi tingginya biaya peralatan dengan layanan berbayar tersebut.

Langkah restoran ini dilakukan di tengah memburuknya kualitas udara karena kabut asap di berbagai kota di Tiongkok selama pekan-pekan terakhir.

Di kawasan-kawasan yang paling parah, jarak pandang kurang dari 100 meter.

Pejabat kota setempat mengatakan, layanan tersebut ilegal karena udara tidak bisa dijual sebagai komoditas. Selain itu, pemilik restoran tidak menginformasikan pelanggan tentang adanya peralatan baru. Ini berarti pelanggan tidak memilih untuk menghirup udara yang disaring.

Namun, aksi restoran ini diterima secara positif oleh beberapa pihak. Pengguna media sosial Tiongkok menyatakan dukungan mereka terhadap ide restoran di situs microblogging Sina Weibo, mengatakan mereka akan dengan senang hati membayar untuk udara bebas polusi .

“Saya setuju untuk biaya ini!” ujar salah satu pengguna Weibo.

Ada orang lain yang berpikir bahwa pemilik restoran setidaknya memberitahu pelanggan tentang layanan baru itu. “Biaya ini sebenarnya bukan masalah. Masalahnya adalah adanya pemberitahuan terlebih dahulu yang disetujui pelanggan,” tulis pengguna Weibo lainnya.