Rumah Rp300 Jutaan Bakal Menjamur di Sekitar Stasiun KA [umm]

Rumah Rp300 Jutaan Bakal Menjamur di Sekitar Stasiun KA

PinkKorset.com, Jakarta – Kalangan komuter yang mengandalkan kereta api sebagai transportasi utama, segera bisa mencari rumah dengan biaya terjangkau.

Betapa tidak?

Para pengembang kini tengah memburu kawasan-kawasan di luar Jakarta yang dekat dengan jalur kereta api.

Kawasan pinggiran Jakarta Barat yang berbatasan dengan Tangerang, maupun Jakarta Selatan yang berbatasan dengan Depok dan Bogor menjadi incaran, karena ketersediaan lahan yang lebih luas dan harga tanah lebih murah.

Direktur Konsultasi Strategis Jones Lang LaSalle mengatakan, lokasi yang dekat dengan jalur kereta api ini dipilih karena mereka sedang membidik pasar masyarakat berpenghasilan menengah dan menengah ke bawah.

“Kelompok masyarakat ini terus tumbuh pesat dari segi jumlah, sehingga manjadi target pasar yang sangat potensial,”ujarnya dalam paparan media tentang kondisi pasar properti di Jakarta dan Surabaya pada 3 bulan pertama tahun 2015 di Gedung BEI,‎ Jakarta, Selasa (15/4/2015).

Menurutnya, masyarakat menengah dan bawah itu banyak yang bekerja di kota tapi mencari hunian di luar jakarta yang berharga murah.

“Itu sasaran utama makanya banyak yang berburu di luar Jakarta. Tapi mencarinya pun yang dekat rel kereta. Yang utama kereta bukan tol karena low cost (masyarakat berpenghasilan rendah) itu kan ngg‎ak punya mobil makanya lebih pilih kereta,” katanya.

Dengan karakteristik target pasar yang seperti itu, para pengembang pun menyesuaikan harga rumah agar lebih terjangkau dengan patokan harga‎ yang tak terlampai tinggi. “Di bawah Rp 500 juta.‎ Sekitar Rp 200-300 juta. Itu yang sekarang banyak dipasarkan. Sekarang menjamur, kita lihat banyak pengembang dari yang besar sampai yang kecil,” ujarnya.