Rutinitas Ini Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut [stockdalemartin]

Rutinitas Ini Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

PinkKorset.com – Jangan malas menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut hal-hal sederhana yang bisa Anda jadikan rutinitas.

Rongga mulut adalah gerbang masuknya bakteri dan virus. Lebih dari 250 jenis bakteri terdapat di rongga mulut.

Pembentukan sekumpulan bakteri diawali dari terbentuknya lapisan tipis biofilm yang terdiri atas lapisan lapisan anorganik, protein organik, karbohidrat dan bakteri anaerob. Jika dibiarkan, lapisan ini akan membentuk karang gigi.

Dari sini akan muncul masalah rongga mulut. Mulai dari bau mulut (halitosis), gigi berlubang dan gusi berdarah. Bahkan memicu risiko beberapa penyakit seperti, serangan jantung, stroke, osteoporosis dan komplikasi diabetes.

Untuk memutus rantai itu, lakukan rutinitas berikut ini.

Menyikat Gigi

Pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur adalah saat paling tepat menyikat gigi. Biasakan berkumur dengan air bersih seusai makan maupun minum minuman manis dan asam. Ini berguna untuk membersihkan sisa makanan dan mencegah terkikisnya enamel gigi.

Setelah makan, tunggu 15-20 menit sebelum menyikat gigi. Ini bertujuan agar enzim alfa amylase dan lainnya bekerja membantu pencernaan makanan dan mencegah enamel terkikis akibat pH mulut yang menurun.

Gunakan bulu sikat yang halus dan dalam kondisi baik. Sikat gigi dengan gerakan seperti mencungkil ke sela-sela gigi. Sikat gigi atas dan bawa dengan gerakan lembut. Akhiri dengan gerakan memutar pada bagian gusi agar peredaran lancar. Sikat dengan lembut bagian permukaan lidah.

Berkumur dengan Mouthwash

Pilih moutwash tanpa alkohol atau mengandung alkohol tidak lebih dari 20%. Berkumur dengan mouthwash hanya dilakukan setelah menyikat gigi dengan bersih dan tidak boleh dilakukan terlalu sering. Mouthwash dapat membunuh semua bakteri dalam mulut, termasuk bakteri baik.

Gunakan Benang Gigi (Dental Floss) atau Semprotan Air (Water Pick)

Bila menyikat gigi saja tidak cukup membersihkan sisa makanan yang membandel, anda bisa gunakan benang gigi atau semprotan air.

Jaga Makanan

Sebaiknya kurangi makanan mengandung gula dan bercita rasa asam. Makanan tersebut mampu merusak gigi lebih cepat. Sebaiknya konsumsi buah-buahan dan sayuran tinggi serat.

Kontrol ke Dokter Gigi

Periksakan selalu gigi anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi, atau lebih cepat tergantung kondisi gigi.