Sebanyak Apa Keringat Yang ‘Sehat’? [golocalpdx]

Sebanyak Apa Keringat Yang ‘Sehat’?

PinkKorset.com – Anda sering mendengar anjuran untuk bergerak hingga berkeringat agar sehat. Tapi seberapa banyak Anda harus berkeringat agar sehat?

Anda sedang berolah raga dengan intens di gym hingga keringat bercururan. Pasti artinya sudah banyak membakar kalori dan olah raganya sukses. Benarkah?

Faktanya, seberapa banyak keringat yang dikeluarkan bukan indikasi jumlah kalori yang dibakar. Bahkan, keringat yang terlalu banyak malah berarti ada masalah di tubuh.

“Setiap orang meng eluarkan keringat dengan berbeda menurut faktor genetik dan bagaimana tubuh merespon suhu tubuh,” kata Dr. Rob Truax, spesialis keluarga dan olah raga di University Hospitals Case Medicinal Center.

Umumnya, seberapa banyak keringat bukan tanda masalah kesehatan serius. Beberapa orang memang lebih banyak berkeringat.

Tapi ada kalanya keringat berlebih harus jadi peringatan bahwa tubuh sudah terlalu panas. Ada yang harus Anda perhatikan jika keringat muncul berlebih.

“Apakah keringat berlebih itu indikasi tubuh terlalu hangat atau lingkungan tersebut terlalu berbahaya untuk Anda,” lanjutnya.

Misalnya, jika Anda berkeringat secara berlebihan dan suhu udara sedang mencapai 32 derajat Celsius. Ini, kata Truax, merupakan hal yang berbahaya.

Sebab itulah sangat penting untuk banyak minum sebelum olah raga. Ada cara untuk mengukur apakah Anda terhidrasi dengan baik atau tidak.

Ukur berat badan sebelum olah raga. Setelah satu jam, berat yang turun adalah ‘berat keringat’. Normalnya, penurunan hanya 1-2% dari berat tubuh sebelum olah raga.

“Jika lebih dari 2%, Anda mengalami dehidrasi yang malah berpengaruh buruk ke tubuh dan performa secara keseluruhan. Tapi jika naik, Anda terlalu banyak minum,” paparnya.

Terlalu banyak keringat bukan selalu hal yang baik. Anda harus memperhatikan kondisi tubuh jangan sampai overheated alias terlalu panas.

“Berkeringat itu proses yang alami dan normal, kita tak bisa mengendalikannya,” imbuh Truax.