Sehat Dalam 60 Detik [google]

Sehat Dalam 60 Detik

PinkKorset.com – Beberapa hal sederhana ini bisa membuat Anda sehat. Mudah dilakukan dan hanya butuh waktu semenit!

Studi terbaru menemukan, hanya semenit Anda bisa meningkatkan kesehatan. Ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan olah raga rutin selama 10 menit!

Tapi bukan berarti menjauhkan diri dari olah raga. Menggerakan tubuh untuk berkeringat dan membakar kalori tetap dibutuhkan. Beberapa aktivitas kecil ini dilakukan bagi Anda yang super sibuk, agar tetap bergerak.

Hirup Napas Dalam-Dalam

Saat dilanda stres, tarik napas dalam-dalam bisa membuat rileks. Selain itu, aktivitas ini dapat menambah oksigen lebih banyak ke paru-paru, mengatur detak jantung sehingga melancarkan peredaran darah serta memperlambat produksi hormone stres.

Berpelukan

Berikan pelukan kepada orang-orang tercinta. Gerakan ini akan memberikan sensasi hangat yang menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Anda pun akan merasa lebih santai dan bahagia.

Tertawa

Banyak orang mengatakan, tertawa adalah obat paling mujarab dan salah satu penghilang stres alami. Salah satu pelopor peneliti tawa, William Fry mengklaim, jantung butuh 10 menit untuk menghasilkan denyut seperti yang dihasilkan satu menit tertawa. Tertawa juga meningkatkan daya ingat dan membakar kalori.

Dark Chocolate

Senyawa flavonol pada cokelat merupakan antioksidan yang dapat melancarkan aliran darah ke otak. Orang yang mengonsumssi cokelat hitam bisa merasakan bahagia karena senyawa phenethylamine yang merangsang produksi hormon endorfin.

Look At the Bright Side

Jauhakan segala prasangka buruk dari setiap kejadian. Ambil waktu sesaat untuk merenung bahwa semua yang terjadi semata-mata untuk kebaikan diri Anda. Bila melihat segala sesuatu dari sisi positif maka akan memengaruhi meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh.

Jauhkan Layar Komputer

Bila pekerjaan Anda harus di depan layar komputer, otot mata selalu tegang dan membuat tubuh jadi cepat lelah. Palingkan mata dari layar komputer! Ikuti langkah 20-20-20, yakni setiap 20 menit lihatlah sesuatu berjarak 20 kaki (enam meter) selama 20 detik.

Cuci Tangan

Khusus yang satu ini butuh waktu 20 detik. Jangan khawatir, takkan membuat Anda rugi waktu! Mencuci tangan secara rutin dapat menurunkan resiko diare sebesar 31%, menurunkan resiko flu dan penyakit pernapasan.

Sabuk Pengaman

Banyak orang dewasa konsisten mematuhi aturan ini. Tapi sayangnya, tidak semua orang. Padahal, hanya butuh beberapa detik mengenakan sabuk pengaman dan menghindari risiko fatal akibat kecelakaan mobil.

Tabir Surya

Di Amerika Serikat, setiap tahun hampir lima juta orang dirawat karena kanker kulit. Paparan sinar matahari menjadi biang kerok penyakit ini. Sebelum beraktivitas di luar, oleskan tabir surya secara merata di kulit yang tidak tertutup pakaian.

Meluruskan Tubuh

Meluruskan tubuh dengan menahan menggunakan siku tangan dan ujung jari kaki di atas bidang datar bisa menjadi peregangan otot yang mudah dilakukan. Aktivitas ini dapat memperkut bagian tengah tubuh, menjauhkan dari sakit punggung dan memperbaiki postur tubuh.

Senyum

Orang yang banyak tersenyum biasanya bahagia. Bahkan penelitian pada 2010 menyatakan bahwa orang yang tersenyum paling lebar dapat memperpanjang usianya. Bila Anda sedang stres jangan rau untuk tersenyum walau hanya berpura-pura. Ini bisa membuat Anda merasa lebih nyaman.