Tepat Menangani Cedera Otot, Tulang & Sendi [happeningsmagazinepa]

Tepat Menangani Cedera Otot, Tulang & Sendi

PinkKorset.com, Jakarta – Metode PRICE menjadi langkah awal penanganan cedera pada otot, tulang dan sendi. Seperti apa?

Saat berolah raga atau secara tidak sengaja terjatuh kerap menimbulkan cedera maupun keseleo. Anda tidak perlu panik dan lakukan penanganan yang tepat.

Menurut dr. Arif Soemarjono, SpKFR, FACSM, Dokter Spesialis Rehabilitasi Muskuloskeletal dari Klinik Flex Free, cara tepat penanganan pertama saat cedera otot, tulang dan sendi adalah dengan melakukan PRICE.

“PRICE adalah singkatan dari protection, rest, icing, compression dan elevation,” katanya.

Protection berarti melindungi bagian tubuh yang cedera. Lalu, rest, istrahatkan tubuh Anda dari berbagai kegiatan yang membebani.

Langkah berikutnya, icing, mengompres bagian cedera dengan sekantong es batu. Kompres bagian tersebut selama 5 menit setiap empat jam sekali.

“Menurut penelitian, mengompres dengan waktu tersebut, radang (cedera) akut akan cepat hilang,” kata pemilik klinik Bandung Muskuloskeletal Rehabilitation Care.

Pengompresan menggunakan es menjadi cara paling ampuh meredam bengkak akibat cedera ketimbang mengoles balsam atau parem kocok.

dr. Arif menjelaskan saat cedera terjadi peradangan. Radang ini bersifat panas dan perlu didinginkan menggunakan es batu.

“Balsam dan parem kocok bersifat panas, justru akan membuat cedera semakin bengkak karena pembuluh darah semakin melebar,” ujarnya.

Tidak hanya dikompres, bagian dari langkah compression adalah menekan perlahan bagian yang cedera agar radang menjadi reda.

Langkah terakhir adalah elevation atau mengangkat bagian cedera, lebih tinggi dari posisi jantung, untuk melancarkan peredaran darah dan mengempiskan bengkak.

Bila dalam tiga hari cedera tak kunjung reda, masih bengkak dan terasa nyeri, memang sebaiknya dibawa ke dokter.

Ia juga mengingatkan, cedera pantang diurut. “Diurut hanya akan menambah trauma di jaringan sekitarnya,” katanya.