Sastra Prancis di Jaman Modern [cnn]

Sastra Prancis di Jaman Modern

PinkKorset.com, Jakarta – Film animasi yang diadaptasi dari novel karya Antoine de Saint-Exupéry ini dikemas dengan kisah penuh makna dan tampilan tiga dimensi (3D) stop motion.

Untuk pertama kalinya, novel berjudul ‘The Little Prince’ karya Antoine de Saint-Exupéry (1943) diangkat menjadi film animasi modern dengan judul yang sama.

Meskipun begitu, kisahnya dibawa ke jaman modern dan diadaptasikan dengan kondisi sosial masyarakat saat ini.

Bila novelnya mengisahkan perjumpaan seorang pilot dengan Little Prince, filmnya diperkaya kisah anak perempuan yang terjebak rutinitas dan agenda ibunya.

Kehidupan yang membosankan perlahan berubah ketika si anak perempuan dan ibunya pindah ke rumah baru serta bertetangga dengan mantan pilot.

Begitu banyak pesan moral tersirat dan tersurat. Salah satunya, penggalan petuah bijak dari si tetangga kepada anak perempuan.

“Hanya dengan hati, seseorang bisa melihatnya dengan benar.”

Sang sutradara, Mark Osborne mengemas film keluarga ini dengan animasi yang diperkaya efek 3D stop motion.

Efek ini muncul ketika film sedang menceritakan kisah Little Prince. imajinasi Anda terpacu, seolah memasuki negeri dongeng dan berjumpa Little Prince.

Mark sudah tak asing lagi dengan genre ini. Ia adalah tangan dingin di balik animasi Kung Fu Panda dan Spongebob Squarepants the Movie.

Beberapa nama besar menjadi pengisi suara di film berbujet US$77,5 juta sepertinya Paul Rudd, James Franco, Marion Cotillard, Paul Giamatti, Vincent Cassel, Ricky Gervais, Benicio del Toro   dan Riley Osborne.

Meskipun disajikan dengan animasi, bukan berarti bisa sepenuhnya dinikmati anak-anak. Pasalnya, alur cerita cukup rumit dipahami anak dan bahkan orang dewasa sekalipun jika tak begitu memperhatikan.

Banyak perumpamaan yang diterjemahkan dari pengarang novel sekaligus sastrawan berkebangsaan Prancis ini. Walaupun demikian, Anda tetap bisa menikmati dan mencerna esensinya.

Selamat menyaksikan di bioskop kesayangan!

The Little Prince

Sutradara: Mark Osborne

Produser: Dimitri Rassam, Aton Soumache, Alexis Vonarb

Skenario: Irena Brignull, Bob Persichetti

Pemain: Jeff Bridges, Rachel McAdams, Paul Rudd, Marion Cotillard, James Franco, Benicio del Toro, Ricky Gervais

Produksi: Onyx Films, Orange Studio, On Entertainment

Distribusi: Paramount Pictures